Header Kanan

Linux: Ini 2 distro ringan untuk netbook Anda

Bismillah,
Tak terasa sudah 2 bulan lebih tak menulis di blog ini dan menulis pun hanya coretan-coretan ringkas meskipun ada yang bermanfaat karena dari sebuah buletin keagamaan, ya untuk belajar agama Islam sesuai dengan momen agustus lalu yaitu tentang kemerdekaan.

pilih yang mana untuk netbook saya (distro linux ringan) - karyafikri.blogspot.com
Pilih yang mana untuk netbook saya?
Nah, pada kesempatan kali ini... saya akan berbagi sebuah informasi kecil yang mungkin ada sobat yang membutuhkannya yaitu "Distro ringan untuk netbook / notebook / laptop / Anda". Sebenarnya, kalau di lihat di blog ini, sudah lama sekalli saya tidak membicarakan sistem operasi ini karena dulu sempat kembali ke windows karena untuk praktikum dan tugas-tugas waktu kuliah. Kemudian setelah kuliah selesai, mulai menggunakan linux lagi khususnya beberapa bulan terakhir saya telah mencoba beberapa distro ringan, tapi yang cukup lama saya gunakan adalah Ubuntu, Xubuntu, dan saat ini saya menggunakan Lubuntu.

Dari pengalaman saya beberapa waktu tersebut saya telah menggunakan 3 distro yang semuanya sebenarnya satu orang tua :D yaitu dari Ubuntu semua, hanya saja perbedaannya pada fasilitas dan grafisnya. Berikut adalah penjelasan ringkas tentang ketiga distro tersebut:
  1. Ubuntu: Cukup lama saya menggunakan ubuntu 14.04 pada netbook saya meskipun ada masalah yang sebenarnya mengganggu yaitu masalah lambatnya gerak animasi, hal ini karena ubuntu memiliki desain grafis yang detail, animasi cukup banyak, dan juga cukup berat Desktop Environment (pengelola tampilan) yang digunakan adalah unity yang terkenal memiliki banyak animasi, paling bergaya, dan paling bagus (menurut saya sih) makanya terasa berat dan kurang cocok untuk netbook. Hal ini dikarenakan pasti VGAnya tidak kuat.
  2. Xubuntu: Karena merasa perlu distro yang lebih ringan, saya mencari "distro ringan untuk laptop" di google dan di sana saya temukan cukup banyak tetapi yang jelas sepertinya saya tetap ingin menggunakan Ubuntu, jadi saya memilih anakan dari Ubuntu yang ringan, dan akhirnya jatuh pilihan saya pada Xubuntu. Xubuntu adalah versi ubuntu lebih ringan dengan tampilan yang dikelola menggunakan Xfce. Distro ini cukup cepat ketika digunakan di netbook saya dan juga memiliki fasilitas yang kurang lebih sama dengan Ubuntu. Jadi distro ini adalah pertengahan, sedangkan yang lebih ringan lagi adalah Lubuntu.
  3. Lubuntu: Distro yang saat ini saya gunakan, yang sebelumnya saya menggunakan Xubuntu juga cukup lama, meskipun tak selama Ubuntu. Dan akhirnya, mungkin saya akan tetap menggunakan Lubuntu atau.... mungkin saja berganti yang lain jika menemukan yang lebih ringan :) karena pada saat ini saya sedang mencari-cari yang lebih ringan dari Lubuntu. Pada distro ini, sebenarnya juga hampir sama dengan Xubuntu, tetapi memiliki perbedaan yang cukup  tampak, misalkan tidak adanya bar pencari setelah kita mengklik panel menu dan juga Software Center yang berbeda dengan Xubuntu & Ubuntu. Karena Lubuntu memiliki tampilan dan nama Software Center tersendiri, dan beberapa hal lain yang mungkin tak terlalu mencolok. Oh iya, Desktop Environment yang digunakan pada Lubuntu tentu berbeda juga, dan yang terkenal lebih ringan dari Xfce yaitu LXDE.
Setelah membandingkan antara ketiganya, dapat diketahui bahwa distro yang ringan dan cocok untuk netbook dari ketiga distro di atas adalah Xubuntu dan Lubuntu.
Secara garis besar Xubuntu tidak jauh beda dengan Ubuntu, cukup ringan dan oke. Untuk Lubuntu memiliki perbedaan yang cukup tampak. Untuk sobat sih, silahkan menentukan pilihan sendiri yah, atau seperti saya, mencoba semua :).

Untuk distro ringan dan cocok untuk pemula yang baru migrasi ke linux  dengan menggunakan laptop silahkan cek posting baru saya di sini.

Jadi, sekian dulu yah share kali ini.
Semoga bermanfaat, maaf jika singkat dan tak terlalu detail.

Posting Komentar

0 Komentar