Header Kanan

Coretan: Kecelakaan Lalu Lintas 2017

Bismillah,
Lama tidak menulis tentang tips untuk berkendara atau travelling di blog ini, pada kesempatan ini saya sempatkan menulis sebuah coretan khusus tentang kecelakaan lalu lintas entah yang ngalor maupun ngidul tidak jelas alias ngalor-ngidul, tetapi semoga saja tulisan ini bermanfaat untuk sobat sekalian.

coretan kecelakaan lalin - karyafikri.blogspot.com

Akhir-akhir ini, kota ini terasa semakin ramai kendaraan saja baik mobil, motor, dan lainnya. Meskipun tidak padat merayap di seluruh bagian kota tetapi untuk menyebrang saja terasa begitu sulit, yah mungkin saya yang baru merasa karena sering ke kota atau memang kendaraan di kota ini bertambah sehingga menjadi lebih banyak.

Bicara tentang keramaian, di berita-berita baik di Kediri dan sekitarnya maupun yang agak jauh banyak sekali kecelakaan yang terjadi baik dari luka ringan, luka berat, bahkan sampai meninggal dunia. Bahkan di sekitar lokasi tempat tinggal saya saat ini, akhir-akhir ini dalam sepekan ada 2 kecelakaan maut yang sampai meninggal dunia pengendara motor.

Mengingat semakin ramainya kendaraan, maka kewaspadaan & kehati-hatian & kefokusan dalam berkendara harus ditingkatkan (kata-kata ini tidak teruntuk Anda saja, tetapi juga nasihat buat diri juga) agar ketika ada suatu pergerakan yang mendadak dari pengendara lain maka kita siap untuk melakukan usaha gerakan untuk menghindar, mengerem atau gerakan lain yang diperlukan agar tidak terjadi kecelakaan. Karena selain berdoa kita perlu untuk berusaha, dan salah satu usaha tersebut adalah hati-hati & selalu siap siaga. Jikapun sudah berusaha dan berdoa namun tetap terjadi kecelakaan, maka kita harus bersabar dan menerima taqdir dari Allah karena kita sudah melakukan dua hal yang diharuskan dalam melakukan sesuatu (yaitu berusaha dan berdoa).

Berikut adalah foto mercury yang pekan lalu (hari rabu 6 september) jatuh karena saya agak kencang dan tidak siap ketika ada motor membawa obrok tiba-tiba belok kekiri tanpa memberi tanda apapun baik lampu sein maupun tangan yang melambaikan sehingga saya tidak sempat mengerem:
Mercury karyafikri.blogspot.com

Kecelakaan kecil saya ini terjadi beberapa hari sebelum dua kecelakaan maut yang saya sebutkan sebelumnya, meski sampai hari ini lengan bagian kanan masih terasa sakit walau tak separah sebelumnya dan juga mercury sudah sembuh... alhamdulillah, yang paling saya syukuri adalah helm saya yang tidak terlepas ketika saya jatuh karena kepala terbentur dengan aspal sangat keras dan sempat tidak bisa bergerak beberapa waktu karena benturan didada yang sesak (posisi jatuh saya miring ke kanan seperti melayang dari motor). Dan syukur saya bertambah adalah hanya luka ringan, karena ada kecelakaan sampai mati dan patah tulang setelah kecelakaan saya tersebut.

Dan berikut ini adalah beberapa hikmah / tips untuk anda dan saya ketika berkendara khususnya sepeda motor:
  • Cek dan bawalah SIM & STNK ketika mengendarai kendaraan
  • Pastikan sebelum berangkat menggunakan motor tersebut, bahwa perlengkapan kendaraan Anda fungsi sebagaimana mestinya, yaitu: spion, lampu sein nyala, rem oke, dan lain sebagainya
  • Gunakan selalu perlengkapan berkendara yang aman sesuai dengan peraturan mulai dari: helm yang SNI dan pastikan penggunaannya sudah benar (bunyi klik saat digunakan), kalau perlu gunakan sarung tangan, dan lain sebagainya
  • Turunkan kecepatan dan naikkan fokus ketika dikeramaian
  • Selalu pantau keadaan sekitar ketika ramai
  • Lain-lain yang mungkin sobat dapat menambahkan sendiri.
Sekian share kali ini semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar