Header Kanan

Dua Jalan untuk Membangun Toko Online

Toko Online, Peluang bisnis besar saat ini dan nanti (karyafikri.blogspot.com)
2 jalan membangun toko online
Membahas bisnis online di masa ini, sepertinya adalah hal yang sangat menarik. Karena saat ini bisnis online semakin banyak yang melirik dan mulai banyak yang belajar untuk melakukan jual-beli barang secara online atau melalui internet. Berdasarkan hal itu, toko online merupakan salah satu bagian penting dari bisnis online yang sangat menjanjikan di masa ini dan masa yang akan datang guna memasarkan barang-barang Anda di dunia maya, internet. Dengan memiliki toko online, barang-barang khas lokal daerah Anda ataupun barang-barang lain yang Anda jual akan dikenal di seluruh penjuru nusantara bahkan dunia. Saat ini terdapat 2 cara untuk membangun sebuah toko online, cara pertama yaitu dengan membangun dan merawat toko online secara mandiri dan cara kedua adalah membangun toko online dengan menggunakan layanan penyedia jasa pembuatan toko online (layaknya http://jejualan.com), dan pada kesempatan ini saya akan membahas hal-hal dasar tentang pembangunan sebuah toko online terbaik dengan kedua cara tersebut.

Membangun Toko Online Secara Mandiri
Untuk membangun dan merawat sebuah toko online secara mandiri, sebelumnya perlu diketahui kriteria toko online yang baik sehingga toko online yang Anda bangun menarik dan dapat mendatangkan banyak pengunjung atau calon pembeli. Paling tidak terdapat 4 hal pokok yang perlu diketahui dalam membangun sebuah toko online terbaik, yaitu:

4 Hal Pokok yang Perlu Diketahui Sebelum Membangun Toko Online (karyafikri.blogspot.com)
Ilustrasi: 4 Hal pokok yang perlu diketahui sebelum membangun toko online
  1. Menggunakan hosting dan domain profesional, yaitu hosting yang berbayar sedangkan untuk domain yaitu domain TLD (Top Level Domain). Kenapa harus hosting dan domain yang profesional atau yang berbayar? karena domain dan hosting gratis memiliki keterbatasan, baik itu dari segi ukuran penyimpanan, bandwidth, maupun uptimenya. Dengan menggunakan hosting dan domain berbayar, maka Anda akan mendapatkan penyimpanan dan bandwidth yang lebih besar dan memiliki uptime hampir 100% sehingga menjamin toko online Anda selalu online atau dapat dikunjungi.
  2. Pemilihan alamat URL yang unik, menarik, sesuai dengan barang yang dijual atau nama toko, dan mudah diingat. Berikut adalah beberapa contoh alamat URL yang bagus: tokofisya, fisyamart, barangunik, fisyamart-barangunik, toko-barangunik, dan seterusnnya.
  3. Tampilan atau tema toko online yang bagus, menarik, tidak berat, dan responsif. Selain penampilan toko online harus bagus dan menarik, sebaiknya tema juga tidak berat agar proses pemanggilan website lebih cepat, dan sangat disarankan tema toko online Anda adalah tema yang responsif. Penggunaan tema responsif selain memudahkan pengunjung, hal ini juga dapat menambah nilai SEO karena saat ini google menyukai (memberi nilai lebih) untuk blog dan website yang memiliki tampilan responsif atau mendukung untuk berbagai perangkat khususnya perangkat mobile.
  4. Tema yang SEO-Friendly atau tema toko yang mendukung penuh untuk pengoptimalan mesin pencari, sehingga toko Anda dapat dengan mudah ditemukan menggunakan mesin pencari Google, Yahoo, Bing atau mesin pencari lain.
Membangun toko online melalui jasa pembuatan toko online
Setelah mengetahui hal-hal pokok dalam membangun sebuah toko online secara mandiri, dapat disimpulkan bahwa membangun sebuah toko online secara mandiri adalah hal yang tidak mudah tetapi juga tidak  sulit karena semuanya dapat dipelajari sambil berjalan meskipun membutuhkan waktu yang sangat lama. Tetapi jika Anda adalah orang yang cukup sibuk untuk membuat sebuah toko online atau sama sekali tidak memiliki dasar tentang website dan pembangunan sebah web, Anda dapat menggunakan jasa pembuat toko online. Saat ini banyak sekali penyedia layanan pembuatan website dan toko online, salah satu penyedia layanan pembuatan toko online terbaik adalah http://jejualan.com, dengan menggunakan jasa pembuatan toko online tersebut Anda dapat membuat sebuah toko online dengan cepat dan sangat mudah karena tidak perlu lagi belajar yang namanya SEO, hosting, domain, dan lain-lain yang berkaitan dengan pembuatan dan perawatan toko online karena semuanya telah diatur oleh pihak yang membuatkan. Silahkan simak sejenak video ilustrasi berikut:


Langkah-langkah pembuatan toko online melalui penyedia jasa pembuatan toko online sangat mudah, biasanya hanya memerluka 3-4 langkah singkat. Sebagai contoh berikut adalah alur pembuatan toko online menggunakan layanan pembuatan toko online dari Jejualan:
3 Langkah Membuat Toko Online di Jejualan.com (karyafikri.blogspot.com)
Ilustrasi: 3 Langkah mudah membuat oko online di jejualan.com
Demikianlah penjelasan tentang 2 jalan untuk membangun sebuah toko online, semoga dengan penjelasan yang ringkas ini Anda dapat menentukan jalan yang tepat untuk membangun sebuah toko online terbaik untuk memasarkan barang-barang jualan Anda. Sekian, semoga bermanfaat.

Sumber gambar (yang digunakan untuk membuat ilustrasi):

Posting Komentar

4 Komentar

  1. lebih mudah ya kalau lewat penyedia jasa pembuatan toko online
    seperti jejualan ini, tidak terlalu ribet membuatnya
    memiliki toko online bisa memperluas dan memperbanyak calon pembeli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups, lebih mudah dan jauh lebih cepat...
      Karena jika membuat sendiri tentu banyak ribetnya, belum coding, pemilihan tema, optimasi seo, dan lain-lain

      yups dengan toko online toko/ brang dagangan kita dapat dilihat dan bahkan dibeli oleh seluruh nusantara atau bahkan dunia :)

      terimakasih kunjungan dan komentarnya

      Hapus
  2. Terimakasih ya atas informasinya semoga bermanfaat dan sukes ya aminn ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, terimakasih atas kunjungan dan komentarnya

      Hapus

Silahkan meninggalkan komentar.
Kritik & Saran. Terimakasih atas kehadiran dan juga ukiran jejak Anda.