Header Kanan

Wisuda: Perjalanan masih tetap berlanjut, dengan perjuangan yang lain

Bismillah,
Toga Wisuda: Perjalanan masih tetap berlanjut, dengan perjuangan yang lain
Sumber: juliandarobby.wordpress.com
Alhamdulillah, acara wisuda sudah terlaksana dengan baik dan lancar meskipun terdapat kesalahan kecil karena kurangnya praktek atau belajar saat menerima sebuah map yang berisikan kartu ucapan "Selamat & Sukses atas wisuda". Ya sebenarnya bukan masalah nervous atau semacamnya, hanya saja saat di depan saya lupa menerimanya harus seperti apa :-0.

Alhamdulillah, setelah semua yang ku lalui di kampus dekat sungai brantas kota Kediri akhirnya saya dapat lulus. Sebelumnya sempat berhenti mengerjakan proposal ketika kesulitan mengerjakan proposal skripsi karena "merasa" mendapatkan dosen yang terlalu tegas dan pintar sehingga usulan judul & proyek yang aku berikan ditolak karena "terlalu sederhana" (meskipun saya sendiri juga merasa terlalu sederhana, tetapi itu cukup sulit pembuatannya jadi saya tetap mengajukannya). Baiknya dosen ini adalah, setelah menolak usulan saya beliau memberikan solusi dengan memberikan sebuah proyek tugas akhir yang bagi saya cukup sulit karena saya tidak tahu menahu tentang topik itu, tetapi karena tidak ada pilihan lain akhirnya saya ingin mencoba bangkit setelah tertinggal pada proposal gelombang pertama, dan sebelum gelombang kedua dibuka saya mencari literatur dari internet dan ayah yang merupakan orang berpengalaman dalam bidang pendidikan (oh iya, proyek yang ditawarkan pak dosen ini adalah tentang "akreditasi SMK"), kemudian mencari lokasi penelitian dan selanjutnya menuju lokasi penelitian untuk bertanya-tanya tentang akreditasi dan sekolahnya.

Alhamdulillah, karena ALLAH telah menyadarkanku bahwa "Sekecil apapun sebuah masalah/ tugas, jika tidak dikerjakan tidak akan pernah selesai". Dan karena itu, aku bisa bangkit, mengejar ketinggalan pertama untuk menuju wisuda di gelombang proposal kedua dengan semangat, usaha, doa, dan dukungan keluarga terutama ayah dan kakak. Terimakasih semuanya.

Dosen menyalahkanmu, mencoret proposal/ skripsimu, bertanya tentang kasusmu adalah bukan untuk menjatuhkanmu! Tetapi ia ingin mengukuhkan pengetahuanmu, ia ingin mengoreksimu, ia ingin membenarkanmu meskipun dengan bertanya yang menyusahkanmu dan menjadikanmu tampak tidak bisa apa-apa. Jangan berhenti di situ! Jadikanlah itu semangat, cambuk untuk semakin memahami topik pada proposal/ skripsimu. Beliau tidak ingin menghina atau menjatuhkanmu, tetapi sebaliknya, ia ingin kau paham sepenuhnya tentang apa yang kau buat sebelum kau di sidang oleh dosen lain yang ia tidak dapat membantumu ketika itu! Jika kau berhenti ketika banyak kesalahan dan dicoret oleh dosenmu, hasilnya kau tak dapat menyelesaikan tugas akhirmu, jangan biarkan itu! Jadilah orang yang berpikir luas, berhati lapang, dan terus kerjakan. Hingga ketika semua terlalui, kau akan bisa tersenyum dan berterimakasih kepada beliau, orang yang kau kira selalu membuat soal yang sulit, orang yang selalu menyalahkan, orang yang kau kira selalu benar dan selalu menyalahkanmu! Ya, kau akan berterimakasih sekali kepada orang itu.

Alhamdulillah, setelah 4 tahun belajar di universitas, 1 bulan PKL, 1 bulan KKN, dan beberapa bulan mengerjakan skripsi akhirnya kami wisuda. Terimakasih untuk orang tuaku, saudara-saudaraku, dosen-dosenku, teman-temanku, dan semuanya yang tidak mungkin aku sebut satu-satu. Dan aku tahu, wisuda bukanlah akhir perjalanan, tetapi perjalananku masih berlanjut dengan perjuangan yang lain.

Untuk kalian yang sedang menempuh studi, semoga kalian selalu semangat dan sukses nantinya. Jangan lupa, jika saat mengerjakan skripsi pesanku yang di atas (quote) semoga kalian bisa menjadi pribadi yang lebih tegar dari aku, tahan banting, dan tidak rapuh. Jangan lupa selain berusaha juga berdoa, semoga ALLAH memberikan kita kesuksesan dunia dan akhirat. Aamiiin.

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Selamat Sobat, semoga sukses
    ayo cari kerja ke Jakarta,

    BalasHapus
  2. Bilal Zulvi:
    Sip, terimakasih... Aamiiin
    Hem, Jakarta ya...
    Tapi kalau aku sepertinya di kota ini saja sob

    BalasHapus

Silahkan meninggalkan komentar.
Kritik & Saran. Terimakasih atas kehadiran dan juga ukiran jejak Anda.