Header Kanan

Tutorial: Membuat CCTV menggunakan webcam eksternal via Ustream dengan akun gratis [broadcast melalui webnya]

Bismillah,
Setelah kemarin mengulas secara ringkas tentang ustream.tv, kini saya akan memberikan panduan ringkas cara membuat CCTV menggunakan webcam sederhana sehingga biaya dibuat semurah-murahnya dengan fasilitas ustream gratis dengan kualitas video biasa.

Sebelum panduan membuat cctv dan broadcast, perlu diketahui dulu bahwa Anda harus membuat akun dulu di ustream.tv. Ada 2 metode untuk mendaftar, yang pertama menggunakan akun facebook sehingga Anda tidak perlu sudah-sudah memasukkan nama, alamat, dan yang lainnya pada formulir pendaftaran. Dan cara kedua adalah dengan mendaftarkan biasa yaitu menggunakan formulir pendaftaran, perlu mengisikan alamat-email, nama, dan lain-lain kemudian juga perlu konfirmasi e-mail. Tetapi secara garis besar cara pendaftaran sepeti biasa dan mudah, sehingga saya pikir tidak perlu tutorial pendaftaran.

  • Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk pemasangan webcam sebagai CCTV. Di sini karena saya hanya memasang webcam sebagai CCTV sementara (bukan permanen) maka yang dibutuhkan hanya kabel USB Extension (kabel penyambung USB) dengan panjang 10 meter - sedangkan untuk Anda silahkan sesuai dengan kebutuhan, dapat dibile di toko komputer dengan ukuran kurang lebih 5 meter dan 10 meter - dan webcam. Sedangkan jika sobat ingin memasangnya secara permanen silahkan pertimbangkan apa yang diperlukan misalkan kaleng bekas, atau botol bekas, dan semacamnya sebagai pelindung kamera saat hujan dan silahkan mengatur agar kabel tidak banyak terkena sinar matahari dan hujan agar awet.
    1 Kabel sambungan USB (usb extension) dan webcam (karyafikri.blogspot.com)
    Kabel USB extension & webcam
    Pada webcam yang saya miliki karena antara kabel kamera dan suara dibedakan dan saya tidak memiliki kabel penyambung audio maka pada percobaan ini saya tidak menggunakan suara pada CCTV yang dibuat. Untuk sobat mungkin sebelum membeli dapat menentukan atau memilih webcam yang kamera dan suaranya jadi satu pada kabel USB saja (jika ada) agar lebih mudah karena tidak perlu menyambung kabel audio dan hanya dengan kabel USB sudah mendapatkan gambar dan suara. 
    • Setelah bahan sudah siap, maka silahkan menentukan lokasi dan menentukan rute kabel. Selanjutnya silahkan pasang di tempat yang sekiranya aman dan sulit dijangkau oleh orang karena mungkin saja banyak orang usil di sana. Berikut adalah contoh pemasangan kamera yang saya lakukan:
      2 Pencarian lokasi kamera dan pemasangan (karyafikri.blogspot.com)
      Contoh pemasangan kamera
      Ya hanya seperti itu sebagai contoh, karena ini bukan pemasangan permanen. Jika sobat ingin memasang webcam sebagai CCTV secara permanen silahkan menentukan tempat yang tepat, kuat, dan terlindungi dari panas dan hujan.
    • Setelah kamera dan kabel sudah terpasang, maka langkah selanjutnya silahkan pastikan laptop atau komputer Anda terhubung dengan internet kemudian login pada situs ustream.
    • Untuk login silahkan klik link "Login", kemudian klik "Go Live!". Jika sobat masih pertama kali masuk halaman broadcast maka akan ada pertanyaan untuk pilih dengan fasilitas premium atau basic, pilih saja yang tetap basic, kalau tidak salah "Remain Basic" atau dengan kata yang sama seperti itu (maaf lupa).
    • Ketika berada pada halaman broadcast secara bawaan kamera yang digunakan adalah kamera yang ada/ webcam laptop. Untuk merubahnya silahkan klik pilihan di bawah tulisan Video dan pilih USB Video Device.
    • Setelah tampilan video sudah berganti seperti yang seharusnya terlihat dari video webcam eksternal, dan pastikan sudah siap. Jika sudah siap silahkan memulai broadcast dengan cara klik "Start Broadcast".
    • Setelah Anda klik broadcast itu artinya CCTV Anda sudah online dan dapat dilihat orang lain yang mengetahui alamat Anda, atau Anda sendiri baik melalui situs ustream maupun aplikasi android (untuk tutorialnya silahkan klik di sini). Berikut adalah contoh tampilan halaman broadcast saya:
      3 Mulai broadcast atau streaming via ustream.tv (karyafikri.blogspot.com)
      Contoh Halaman Broadcast
    • Secara bawaan, Anda akan memiliki channel sama dengan username Anda (dan Anda dapat menambahkan channel dengan klik Dashboard kemudian Channels dan klik Create new channel. Sedangkan jika Anda ingin melihat CCTV Anda itu, silahkan kunjungi link yang tampil di bawah kotak "Share your broadcast with your followers!". Dan Anda dapat membagikannya kepada pengikut Anda, atau orang lain. Atau silahkan klik nama channel Anda.
    • Sedangkan jika Anda ingin melihat hasil broadcast Anda dari perangkat Android silahkan buka aplikasi ustream kemudian silahkan lakukan pencarian dengan nama channel (misalkan di sini saya menggunakan channel raincintz maka silahkan cari dengan kata pencarian "Raincintz" tanpa tanda petik).
    • Selesai.
    Semoga membantu dan bermanfaat.

    Posting Komentar

    2 Komentar

    1. masih gak paham.
      tapi, emang gak ada niatan untuk masang sih.

      BalasHapus
    2. Misi gan, izin share ya...

      Webcam Logitech C170
      Price Rp 207.000

      Deskripsi :

      Webcam dengan USB Cable
      >>> Rekomendasi USB 1.1 (2.0)
      >>> Didukung dengan kabel 1,21m
      >>> Perangkat yang kompatibel Laptop, Monitors (LCD, CRT)
      >>> Resolusi sensor Gambar Diam 5 megapixel
      >>> Resolusi tangkapan video 1024 x 768
      >>> Mendukung video calling
      >>> Sudah terpasang atau di bendel Microphone dengan pengurang kebisingan

      Kunjungi web kami untuk produk lainnya



      Terimakasih :)

      BalasHapus

    Silahkan meninggalkan komentar.
    Kritik & Saran. Terimakasih atas kehadiran dan juga ukiran jejak Anda.