Header Kanan

Panduan: Cara melaporkan situs penipuan yang ber-subdomain jimdo.com

Bismillah,
Jimdo.com adalah sebuah penyedia jasa website gratis seperti yang lainnya, hanya saja karena kemudahan dan kesederhanaan penggunaannya banyak dimanfaatkan oleh pengguna internet, tetapi disana ada orang-orang tak bertanggung jawab yang hanya ingin meraup keuntungan sebesar-besarnya dengan modal nyaris nol, tak memikirkan perasaan orang lain, dan tidak memikirkan dosa. Ya, cara mereka adalah dengan menipu dengan menggunakan kebaikan dari jasa situs jimdo.com.

Dan kita patut mengapresiasi dengan situs penyedia jasa ini, selain mudah dan terdapat jasa pembuatan web gratis tetapi mereka sangat terbuka dalam menerima saran dari pelaporan situs yang bermasalah dan segera menindak lanjutinya. Baik situs bermasalah dalam jenis phishing atau peniruan dan pembohongan untuk menipu tentang hadiah-hadiah atau yang lainnya, pelanggaran hak cipta, cracking, dan lain-lain. Berikut ini adalah salah satu contoh SMS penipuan mengatasnamakan M-Tronik:
Sms penipuan dari penipu yang menggunakan jasa jimdo.com (screenshot by karyafikri.blogspot.com)
Contoh SMS penipuan

Terkadang SMS penipuan seperti ini jika dibalas tidak terkirim (laporannya) meskipun beberapa terkirim tetapi mereka kebanyakan tidak akan membalas SMS. Nah, untuk alamat situs ber-subdomain seperti di atas (jimdo.com) kita dapat melaporkan situs tersebut untuk mencegah orang lain tertipu karena mungkin saja mereka (penipu) secara kebetulan tepat sasaran yaitu kepada orang yang belum tahu tentang masalah penipuan seperti ini dan mempercayainya. Jadi satu-satunya cara yang dapat kita lakukan adalah melaporkannya kepada penyedia jasa web tersebut, berikut adalah langkah-langkahnya:
  1. Kunjungi situs jimdo.com kemudian scroll/ arahkan ke bawah dan klik link "Live Chat". Atau silahkan langsung saja klik di sini.
  2. Anda akan mendapati halaman untuk menghubungi Customer Service (CS) jimdo. Sebenarnya terdapat fasilitas untuk chat secara langsung tetapi saya jarang mendapatinya online atau mungkin bukan jam online petugas CS. Jadi sebagai alternatif silahkan klik link Inappropriate Content. Maka Anda akan mendapati formulir laporan seperti berikut:
    Formulir jimdo.com untuk pelaporan situs bermasalah (oleh karyafikri.blogspot.com)
    Formulir pelaporan situs ber-subdomain jimdo.com (klik untuk memperbesar)
    Keterangan:
    - Name : Isi dengan nama Anda (boleh kosong, tetapi lebih baik diisi).
    - Email Address : Silahkan isi dengan alamat e-mail Anda yang aktif.
    - Link to Inappropriate Content : Tuliskan alamat situs yang ingin dilaporkan.
    - Message : Tuliskan pesan (boleh kosong, tetapi baiknya diisi).

    Contoh isi Message atau pesan:
    Hi, I found the site that phishing,... please block it. Thanks
  3. Setelah semua terisi silahkan klik tombol Send
  4. Beberapa saat setelah itu Anda akan mendapatkan e-mail otomatis dari jimdo.com yang memberitahukan bahwa pelaporan Anda sudah terkirim.
  5. Tunggu sampai mendapatkan pesan e-mail yang kedua dari CS jimdo (bisa membutuhkan waktu lama, tetapi tidak sampai 24 jam), jika sudah diblokir maka kurang lebih isi pesan tersebut seperti berikut:

    "The website that you reported has been blocked. Thank you for reporting it. If you notice any similiar sites, please don't hesitate to get inn touch with me"
  6. Dan setelah itu silahkan kunjungi lamat situs yang Anda laporkan tadi untuk memastikannya, maka jika berhasil Anda tidak mendapati situs tersebut tampak seperti sebelumnya. Berikut adalah contoh situs yang telah diblokir oleh jimdo:
    contoh tampilan situs yang sudah dibekukan jimdo (karyafikri.blogspot.com)
    Contoh tampilan situs yang sudah diblokir
Alhamduillah, Anda telah berhasil melaporkan situs penipuan bersubdomain jimdo.com. Untuk cara melaporkann situs bersubdomain webs.com silahkan baca posting sebelumnya di sini.

Sekian,
Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

4 Komentar

  1. wah, makasih infonya, sering juga dapat sms penipuan dg nama domain website jimdo.com juga. baru tau kalo penyedia domain itu.

    BalasHapus
  2. keren sob bisa dicoba kapan2 nih, kunjungan prdana bulan november sob..
    mampir ya dipostq :)

    BalasHapus
  3. wah begitu ya mas cara nglaporinnya saya juga sering tuh dapat sms begituan saya biarin aja herannya ngak bosan bosan sms begituan yang jelas2menipu

    BalasHapus
  4. mantap,,, sangat bermanfaat sekali massss

    BalasHapus

Silahkan meninggalkan komentar.
Kritik & Saran. Terimakasih atas kehadiran dan juga ukiran jejak Anda.