Header Kanan

Panduan: Cara melaporkan situs penipu yang ber-subdomain webs.com

Bismillah,
Webs.com adalah sebuah penyedia jasa website gratis seperti yang lainnya, hanya saja karena kemudahan dan kesederhanaan penggunaannya banyak dimanfaatkan oleh pengguna internet, tetapi saya disana ada orang-orang tak bertanggung jawab yang hanya ingin meraup keuntungan sebesar-besarnya dengan modal nyaris nol, tak memikirkan perasaan orang lain, dan tidak memikirkan dosa. Ya, cara mereka adalah dengan menipu dengan menggunakan kebaikan dari jasa situs webs.com.

Dan kita patut bangga dengan situs penyedia jasa satu ini, selain mudah dan terdapat jasa pembuatan web gratis tetapi mereka sangat terbuka dalam menerima saran dari pelaporan situs yang bermasalah. Baik situs bermasalah dalam jenis phishing atau peniruan dan pembohongan untuk menipu tentang hadiah-hadiah atau yang lainnya, pelanggaran hak cipta, cracking, dan lain-lain. Berikut ini adalah salah satu contoh SMS penipuan mengatasnamakan M-Tronik: 

Contoh sms penipuan hadiah mtronik (screenshot oleh karyafikri.blogspot.com)
Contoh SMS penipuan mengatasnamakan M-Tronik
Ya, kadang SMS penipuan seperti ini kalau dibalas tidak terkirim (laporannya) meskipun beberapa terkirim tetapi mereka kebanyakan tidak akan membalas SMS. Nah, untuk alamat situs ber-subdomain seperti di atas (webs.com) kita dapat melaporkan situs tersebut untuk mencegah orang lain tertipu karena mungkin saja mereka (penipu) secara kebetulan tepat sasaran yaitu kepada orang yang belum tahu tentang masalah penipuan seperti ini dan mempercayainya. Jadi satu-satunya cara yang dapat kita lakukan adalah melaporkannya kepada penyedia jasa web tersebut, berikut adalah langkah-langkahnya:
  1. Silahkan menuju webs.com kemudian scroll ke bawah, dan klik "Report a site" atau silahkan langsung saja klik di sini untuk menuju halaman tersebut.
  2. Anda akan mendapatkan formulir pelaporan seperti berikut:
    Formulir webs.com untuk pelaporan situs bermasalah (oleh karyafikri.blogspot.com)
    Formulir pelaporan situs bermasalah (klik gambar untuk memperbesar)
    Keterangan:
    - Pada pilihan paling atas biarkan tetap Iam a Concerned Citizen
    - Your Name: Silahkan isi dengan nama Anda
    - Your Email: Silahkan isi dengan alamat e-mail Anda yang aktif, karena nanti ada konfirmasi
    - Abuse Type: Pilih type pelanggaran, untuk pelanggaran seperti di atas pilih saja Phishing
    - Your Phone Number: Masukkan nomor ponsel Anda (menggunakan kode negara)
    - Site Address (URL): Tuliskan alamat situs yang ingin dilaporkan
    - Additional Comments: Tuliskan komentar Anda tentang situs yang dilaporkan (dalam bahasa Inggris). Sebagai contoh singkat saja tuliskan:
    "This site is phishing and must be frozen, thanks" atau "Hi, i found new site that phishing, and must be frozen, thanks" atau dengan kalimat lain yang sejenis. Jika Anda ingin menambahkan silahkan menambahkannya dengan kata-kata Anda sendiri.
    - Type the words above: Tuliskan angka/ kata yang ada pada gambar di atasnya
  3. Setelah Anda mengisi semuanya, silahkan klik Submit Form.
  4. Beberapa menit/ jam akan ada pesan masuk ke alamat e-mail yang Anda masukkan di atas sebagai konfirmasi pembekuan situs, balas saja dengan "Yes, i'am sure that site is a phishing." atau jika perlu tambahkan informasi tambahan.
  5. Tunggu beberapa saat sampai Anda mendapatkan e-mail pemberitahuan bahwa situs telah dibekukan, dan cek web tersebut dengan mengunjungi alamatnya. Berikut adalah contoh situs yang telah dibekukan:
    situs webs dibekukan (oleh karyafikri.blogspot.com)
    Situs telah dibekukan
  6. Bersamaan dengan pesan pemberitahuan bahwa situs telah dibekukan, Anda juga diberitahu bahwa membutuhkan waktu tidak sampai 24 jam untuk memberi waktu kepada pemilik situs untuk mengkonfirmasi tentang pelaporan tersebut.
  7. Kunjungi situs web yang dilaporkan setelah 24 jam lagi untuk mengetahui hasilnya, jika tetap frozen berarti Anda berhasil membekukan situs tersebut.
Karena benar-benar meresahkan dan menyusahkan, penipuan seperti ini harus dicegah sebisa dan sekemampuan kita. Sebelum SMS seperti ini (yang biasa saya dapatkan), juga terdapat modus baru dalam SMS penipuan yang semoga insyaALLAH kedepannya saya dapat menuliskannya pada posting selanjutnya.

Sekian, semoga bermanfaat.

Link yang mungkin membantu:

Posting Komentar

0 Komentar