Header Kanan

[Baru - update Oktober 2014] Cara mengambil gaji Adsense melalui WU di kantor pos

Bismillah,
Gajian pertama dari Google Adsense adalah hal yang ditunggu-tunggu, bahkan mungkin bukan yang pertama pun tetap ditunggu ketika saat membutuhkan uang. Nah,  kali ini saya berbicara tentang Cara mengambil uang Adsense melalui Western Union (WU) di Kantor Pos untuk berbagi informasi dan panduan khususnya bagi sobat blogger yang baru dan akan gajian dari Adsense-nya.

Sebelumnya masuk tutorial atau panduannya, yang perlu sobat blogger tahu tempat mengambil yang mudah adalah di kantor pos berlogo WU. Sedangkan untuk di tempat lain yang berlogo WU juga bisa tetapi kadang terdapat masalah, seperti yang banyak diceritakan oleh para blogger di blognya ketika saya membaca-baca tentang cara mengambil uang google adsense di google. Di sana ada yang mencoba mengambil di AlfaMart  yang menerima pengambilan uang dari WU tetapi pindah-pindah ke swalayan lain karena mungkin uangnya sana tidak cukup atau masalah lain. Sedangkan untuk pengambilan melalui bank BRI lancar tetapi ada biaya materai 6 ribu untuk pengambilan uang via WU. Sedangkan untuk via kantor pos tanpa potongan apapun, dan dengan cara dan proses yang mudah.

Berikut ini adalah langkah-langkah mengambil uang via WU di kantor pos:
  • Ketika pendapatan Anda  mencapai 100 dolar pada bulan ini, maka pembayaran akan diproses bulan berikutnya. Misalkan bulan Agustus kemarin mencapai 100 dolar, maka akhir bulan Oktober Anda baru dapat mengambil bayaran tersebut (sekitar tanggal 22 atau lebih). Ketika pembayaran sudah siap diambil maka Anda akan mendapatkan e-mail dari Google seperti berikut:
    Screenshot e-mail pemberitahuan dari google bahwa gaji adsense dapat diambil (oleh karyafikri.blogspot.com)
    Screnshot e-mail pemberitahuan pembayaran
  • Setelah mendapatkan e-mail tersebut silahkan membuka akun google Adsense Anda di http://google.com/adsense lalu silahkan klik link "Pembayaran terbaru" atau "Lihat Pembayaran" untuk menuju halaman Riwayat Pembayaran.
  • Kemudian klik link Pembayaran Otomatis: Western Union xxx seperti pada gambar berikut:
    Halaman riwayat pembayaran google adsense (karyafikri.blogspot.com)
    Screenshot link Pembayaran Otomatis WU (klik untuk memperbesar)
  • Setelah Anda klik link tersebut, maka Anda akan disajikan alamat Anda, kode transaksi WU, alamat google, dan lain-lain yang dibutuhkan dalam pengambilan uang. Berikut adalah screenshotnya:
    Screenshot pembayaran dan yang diperlukan saat mengambil pembayaran di WU kantor pos (karyafikri.blogspot.com)
    Tanda terima bayaran
  • Pada bagian bawah sendiri terdapat sub-judul "Bawa persyaratan berikut bersama Anda". Itulah yang diperlukan saat mengambil gaji adsense Anda di kantor pos yang berlogo WU. Selain tanda pengenal, sebagai catatan jangan lupa memfotocopy tanda pengenal tersebut (baik SIM, KTP, atau yang lainnya) sebanyak 2 kali atau lebih karena kadang petugas kantor pos meminta fotocopyan KTP Anda.
  • Kalau Tanda Terima Bayaran  seperti yang tampil di atas diprint, dicatat, atau difoto khususnya pada bagian paling bawah.
  • Setelah semua hal di atas beres, silahkan menuju kantor pos dengan membawa persyaratan yang sudah saya jelaskan, kemudian silahkan tanya terlebih dahulu apakah bisa ambil uang dari WU. Kalau bisa Anda akan disuruh mengambil formulir/ blanko pengambilan uang dari WU seperti berikut:
    Blanko Form Western Union di Kantor Pos
    Blangko/ formulir penerimaan uang WU (klik untuk memperbesar)
  • Silahkan mengisi blangko tersebut sesuai dengan nama depan Anda, nama belakang Anda, alamat, dll sesuai dengan tanda pengenal Anda. Kemudian isikan penerima (GOOGLE INC), alamat google, nomor telepon tidak perlu, jumlah uang silahkan isi dengan angka dalam satuan dolar (masalah kurs sudah ditangani kantor pos), tuliskan kode transaksi (kode MTCN). Dan terakhir silahkan tanda tangan.
  • Setelah pengisian selesai, silahkan serahkan blangko kepada petugas kantor pos.
  • Tunggu sejenak prosesnya dan taraaaa, selamat Anda sudah menerima bayaran dari hasil blogging Anda.
  • Untuk yang muslim jangan lupa say Alhamdulillah and then syukuran membelikan saudara atau keluarga jajan atau makanan :). Dan semoga berkah, dan melanjutkan semangat mengisi blog dengan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain baik untuk dunia maupun akhirat. 
Sekian share kali ini,
Semgoa bermanfaat.

Link Referensi:
- Blangko WU adalah re-upload dari blog ardilas.com yang membahas masalah yang sama.

Posting Komentar

6 Komentar

  1. aku kalau daftar di google adsense selalu ditolak, kasih tau caranya mas . gmn supaya blog diterima google adsense?

    BalasHapus
  2. Mungkin caranya sama saja sob... yang perlu diperhatikan:
    1. Konten original, kalau ingin mengutip dari situs lain kasih sumbernya
    2. Tambah halaman "privasi" pada blog Anda (lihat contoh di blog saya) entah ini berpengaruh atau tidak
    3. Tata rapi tema blog dan penulisan artikel, entah ini berpengaruh atau tidak
    4. Setelah berusaha berdoalah.

    Semoga berhasil

    BalasHapus
  3. berarti kalau daftar adsense tidak harus punya rekening ya gan?

    BalasHapus
  4. Galang: Yups tidak harus punya rekening karena dapat diambil via Western Union sob...

    BalasHapus

Silahkan meninggalkan komentar.
Kritik & Saran. Terimakasih atas kehadiran dan juga ukiran jejak Anda.