Header Kanan

Resensi Buku: Inilah jalanku, jalan Rasulullah dan para Sahabat dalam beragama

Bismillah,
Lama sekali tidak fokus ke blog ini, pada kesempatan ini untuk mengisi waktu luang dan mengisi kekosongan blog ini saya akan mereview buku atau tepatnya merensensi sebuah buku. Yang bulan Syawal kemarin saya beli di Yufid Store dan jika Anda tertarik dan ingin membeli insyaALLAH di sana masih ada. Berikut ini adalah tentang buku tersebut:

Judul Inilah Jalanku, Jalan Rasulullah dan Para Sahabat dalam Beragama
Penulis Abu Mushlih Ari Wahyudi
Tahun terbit 2014
Tebal 98 Halaman
Penerbit Pustaka Muslim
Nilai *****

Resensi buku berjudul inilah jalanku - jalan rasulullah dan para sahabat dalam beragama oleh karyafikri.blogspot.com
Jepret sampul buku Inilah Jalanku - Jalan Rasulullah dan Para Sahabat dalam Beragama

Buku mungil ini akan mengenalkan kepada kita tentang cara beragama yang baik dan benar, menghindari perpecahan dikarenakan pengelompokan diri atau bergolong-golongan dalam beragama. Karena pada kenyataannya setiap kelompok pasti akan mengaku yang benar, mengaku Islamnya yang paling benar, dan pastinya mereka mengaku mengikuti jalan Rasulullah. Bahkan tidak jarang perselisihan antar kaum muslimin dengan alasan perbedaan kelompok, sehinga terjadilah perpecahan dan semakin melemahnya kaum muslimin.

Sedangkan seluruh kaum muslim sepakat, bahwa umat ini akan selamat jika mengikuti al-Qur'an dan as-Sunnah (al-Hadits), namun yang menyebabkan perpecahan adalah tidak semua kaum muslimin mengikuti jalan Rasul dalam memahaminya. Mereka (sebagian muslimin) tidak mengikuti cara beragama rasul, sahabat, tabiin, tabi'ut tabi'in, dan juga orang-orang yang mengikutinya dengan baik. Sebagian muslim malah menempuh cara baru dengan pemahaman-pemahaman sendiri dengan tokoh-tokohnya sendiri dan mereka bangga dengan hal itu, inilah yang menyebabkan umat ini terpecah belah dan lemah. Dan kita berlindung dari yang demikian.

Nah, buku ini akan memperkenalkan Anda kepada generasi terbaik umat ini. Menjelaskan pentingnya mencintai dan mengikuti mereka (juga orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik). Sebagaimana dalam surat Surat at-Taubah ALLAH berfirman:

وَالسَّابِقُونَ الأَوَّلُونَ مِنَ الْمُهَاجِرِينَ وَالأَنصَارِ وَالَّذِينَ اتَّبَعُوهُم بِإِحْسَانٍ رَّضِيَ اللّهُ عَنْهُمْ وَرَضُواْ عَنْهُ وَأَعَدَّ لَهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي تَحْتَهَا الأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَداً ذَلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ

Artinya:
"Orang-orang terdahulu lagi yang pertama-tama dari golongan Muhajirin dan Anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha pada mereka dan merekapun ridha kepada Allah. Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya selama-lamanya. Mereka kekal di dalamnya itulah kemenangan yang besar" (QS. At-Taubah [9] : 100)

Untuk Anda yang masih awampun insyaALLAH buku ini tetap dapat dimengerti karena buku ini dimulai dari perkenalan istilah, contoh, dan beberapa kerancuan tentang istilah kemudian dilanjutkan dengan pengertian Ahlus Sunnah wal Jama'ah yang mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut. Pada bab akhir, penulis memberikan judul yang tepat yaitu tentang haramnya berpecah belah menjadi berbagai jama'ah dan partai.

Dilihat dari segi penulisan dan bahasa, buku ini memiliki struktur yang bagus, penulisan rapi, dan diksi yang cukup baik (jadi dapat bintang lima deh). Dan semoga saya bisa menulis resensi buku-buku lain yang bermanfaat untuk sobat yang sedang mencari buku atau sebagai bahan referensi dan semisalnya ^_^.

Akhir kata, saya hanya akan mengutip motto buku ini:

Kenapa kita harus ngotot membela seorang tokoh, beberapa individu, sebuah partai, yayasan, organisasi, pergerakan, perhimpunan, kesatuan aksi, atau apapun namanya kalau ternyata mereka menyimpang dari jalan Rasul dan para Sahabat?!

Sekian resensi buku ini,
semoga bermanfaat.

Posting Komentar

4 Komentar

  1. tipis ya? bisa sekali baca nih. dari review-nya gak ada kekurangannya nih :D
    patut dibaca

    BalasHapus
  2. JIM: yups tipis n mungil sob, insyaALLAH bisa sekali baca :)
    kalau menurut saya yang ilmu dan pengetahuannya sempit tidak ada kekurangan sob

    BalasHapus
  3. bukunya bagus ya, menjelaskan tentang ahlus sunah begitukah? simpel tetai berisi sepertinya ya.

    BalasHapus
  4. Dedaunan: Iya seperti itu...
    kecil dan berisi insyaALLAH :-)

    BalasHapus

Silahkan meninggalkan komentar.
Kritik & Saran. Terimakasih atas kehadiran dan juga ukiran jejak Anda.