Header Kanan

Kehilangan smartphone - Android [tips & solusi]

Bismillah,
Foto Android (robot hijau)
Android, sumber gambar: twitter.com/Android

Sobat mungkin pernah kehilangan suatu barang entah apapun itu? pasti kita mencari dan berpikir dimana barang itu dan mengingat-ingat terakhir kali digunakan dimana dan kapan. Lalu, lebih terinci mungkin sebagian dari sobat mungkin pernah kehilangan sebuah handphone? yah, rasanya entah seperti apa saya lupa tapi pasti cukup mengganggu entah apapun sebabnya walau itu hanya sebuah HP tak mahal, tak memiliki fasilitas seperti smartphone. Oke, lupakan saja masalah ini :-) hanya pembuka dari sebuah coretan.

Lalu, mungkin sobat pernah mengalami kehilangan smartphone? Khususnya Android. Kalau pernah, mari belajar dari pengalaman Anda sedangkan jika belum mari belajar dari pengalaman orang-orang yang pernah mengalaminya. Karena di zaman ini entah apa sebabnya beberapa orang memilih jalan pintas untuk mewujudkan keinginannya diantaranya dengan cara merampok, mencuri, menculik, dan lain-lain. Salah satu kasus yang berikaitan dengan judul ini adalah pencurian smartphone Android yang semakin banyak, meskipun sebenarnya tidak hanya gadget saja pada kenyataan di lapangan.

Maka dari itu, di sini saya hanya berbagi tips mencegah kehilangan smartphone:
  • Tips Umum Pada tips umum ini berlaku untuk semua barang khususnya gadget:
    • Jangan meninggalkan gadget di sembarang tempat terbuka, lebih baik dan sangat tepat jika Anda membawa terus baik ditaruh di saku, tas, atau di mobil yang terkunci baik jendela maupun pintunya.
    • Taruh di saku celana adalah lebih baik (jika saku celana cukup dalam). Karena jika diletakkan pada saku baju mungkin saat merunduk akan terjatuh dan hindari menaruhnya pada saku jaket yang kebanyakan sakunya sangat dangkal atau kecil.
    • Jangan merasa aman. Jangan merasa aman ketika sobat menaruh gadget pada sembarang tempat ketika berada di tempat umum atau tempat terbuka. Karena beberapa pengalaman dari orang-orang di sekitar saya pernah seseorang menaruh smartphone di depan setir mobil dan ditinggal beberapa menit lalu ketika kembali smartphone tersebut sudah tidak ada.
    • Lain-lain yang mungkin sobat bisa menambahkannya.
  • Tips Khusus Untuk tips khusus ini berlaku untuk smartphone Android:
    • Tetaplah terhubung pada akun google, karena dengan terhubungnya perangkat dengan akun google Anda di kemudian hari akan sangat bermanfaat sebagai contoh untuk menginstall aplikasi dari jarak jauh.
    • Daftar dan tetaplah login pada akun vendor SmartPhone Anda (jika ada). Misalkan untuk smartphone Android dari Samsung di sebagian perangkat ada fasilitas untuk login layanan Samsung nah silahkan dimanfaatkan. Karena ini untuk memperkuat keamanan ketika smartphone Anda lupa menaruh, hilang, atau dicuri seperti halnya akun google. Dan juga ketika ada fasilitas untuk mengingatkan ketika SIM-Card diganti silahkan disetting karena pada sebagian smartphone Android fasilitas ini ada, sedangkan untuk yang tidak ada baca tips khusus poin terakhir :-).
    • Jika sobat suka menggunakan jejaring sosial, misalkan facebook dan memori RAM masih mampu untuk menginstall aplikasi facebook pada perangkat Anda biarkan ia tetap terhubung (jangan logout). Di kemudian hari ini insyaALLAH juga dapat memberi manfaat entah berapa persen, karena mungkin saja kita dapat mengobrol dengan orang yang menemukan atau yang mengambilnya. Dan pada poin kedua ini berlaku juga untuk aplikasi chat atau messenger semisal Whatsapp, BBM, Nimbuzz, WeChat, LINE, Mangga Messenger dan yang lainnya.
    • Pasang aplikasi keamanan sejenis anti-maling dan pelacak smartphone Android. Untuk mengetahui aplikasi apa saja yang membantu Anda dalam hal ini silahkan baca artikel Komparasi 5 aplikasi pelacak Android.
Jadi solusinya jika sobat menerapkan Tips Khusus di atas, Anda tetap dapat terhubung dengan perangkat Android sobat kecuali ketika perangkat tersebut direset atau diflash. Sedangkan untuk menangkal pereset-an perangkat Android sobat, silahkan kunci Pengaturan dengan aplikasi keamanan yang dapat sobat download dari playstore.

Sekian coretan kali ini, jika ada kekurangan dari tulisan ini silahkan sobat menambahkan dan semoga saja bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar