Header Kanan

Awal Ramadhan 1435 Hijriah

Bismillah,
Alhamdulillah, bertemu lagi dengan bulan Ramadhan. Semoga dapat memperbaiki diri, lebih baik dari tahun yang lalu. Ya, besok kita akan mulai puasa :-). Karena saya memilih untuk mengikuti pemerintah dan Alhamdulillah pemerintah Indonesia sudah menerapkan cara penentuan awal dan akhir bulan puasa dengan baik dan insyaALLAH benar. Jadi tidak ada alasan bagi saya untuk tidak mematuhinya :-).

Meskipun ada sebagian umat Islam di Indonesia yang mulai berpuasa hari ini dan maghrib ini berbuka, tak apa. Tapi untuk nasihat kepada mereka kedepannya adalah untuk mengikuti pemerintah di dalam mengawali dan mengakhiri bulan puasa.

الصَّوْمُ يَوْمَ تَصُومُونَ وَالْفِطْرُ يَوْمَ تُفْطِرُونَ وَالأَضْحَى يَوْمَ تُضَحُّونَ
Puasa kalian ditetapkan tatkala mayoritas kalian berpuasa, hari raya Idul Fithri ditetapkan tatkala mayoritas kalian berhari raya, dan Idul Adha ditetapkan tatkala mayoritas kalian beridul Adha.” (HR. Tirmidzi no. 697. Hadits ini shahih kata Syaikh Al Albani).

Sebagian ulama menafsirkan hadits tersebut bahwa yang dimaksudkan adalah berpuasa dan berhari raya dengan al jama’ah (pemerintah) dan kaum muslimin. (Majmu’ Al Fatawa, 25: 115)

Aku memilih untuk taat kepada pemerintah
Awal puasa dan akhir puasa
Sekian, semoga bermanfaat.

Referensi:
Mengikuti ormas atau pemerintah dalam berpuasa?
Berpuasa bersama pemerintah

Posting Komentar

0 Komentar