Header Kanan

Tips: Berkendara di malam hari

Bismillah,
Tips peralanan malam menggunakan motor
Jepretan perjalanan malam
Mungkin sobat sering mengadakan perjalanan malam atau berkendara malam baik menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Kali ini saya hanya ingin sekedar coret-coret ringan tentang tips untuk mengadakan perjalanan di malam hari, yah mumpung kehabisan tema untuk mengisi blog ini dan mendapatkan ide hangat setelah perjalanan ringan di malam hari. Baiklah sobat, langsung saja ya berikut adalah tips tersebut:
  1. Mengurangi kecepatan, yups karena di malam hari gelap sehingga perlu lebih berhati-hati dalam mengendari kendaraan maka perlu pengurangan kecepatan jika sobat ragu-ragu jika dengan kecepatan kencang seperti pada siang hari tidak mampu mengatasi ketika ada hal-hal yang mendadak terjadi semisal orang menyeberang jalan, orang belok tanpa lampu, ada sepeda atau motor tanpa lampu yang tiba-tiba nylonong, dan lain-lain. Meskipun dalam keadaan aman terkendali sebaiknya kecepatan jangan terlalu tinggi :-) hanya itu.
  2. Membuka kaca helm, kemudian tips kedua adalah menutup membuka kaca helm jika kaca helm sobat gelap atau membuat pandangan semakin kabur sehingga menambah kurang fokusnya pandangan.
  3. Mengikuti kendaraan yang berada di depan, selain membuka kaca helm atau mengurangi kecepatan tips ketiga ini seperti juga dipakai oleh beberapa pengendara malam karena dengan mengikuti kendaraan yang berada di depan kita dapat merasa lebih aman apalagi jika lampu dari kendaraan yang berada di depan kita lebih terang dan juga pengendaranya terlihat mahir dalam berkendara (lebay mode: on). Yah, tapi untuk tips satu ini juga harus melihat kemampuan laju kendaraan dan kemahiran kita dalam berkendara dan mengira-ngira gas-rem dan liku-liku dan juga harus tetap hati-hati jangan hanya sekedar mengikuti saja.
  4. Memakai kacamata, yah mungkin ini diperlukan untuk menghindari mata dari benda-benda kecil yang berterbangan masuk ke dalam mata kita. Khususnya jika kaca helm dibuka di sore hari dan dikhawatirkan ada hewan kecil atau benda kecil yang masuk ke mata. Selain itu khusus untuk sobat yang memiliki mata minus atau miopi sebaiknya juga menggunakan kacamata.
Yah, mungkin hanya 4 tips kecil yang mungkin juga sudah sobat terapkan. Semoga saja membantu atau bermanfaat untuk sobat yang membutuhkannya.

Posting Komentar

0 Komentar