Header Kanan

Quote : Kau harus mempunyai pikiran sendiri

Bismillah,

Quote:
"Akan selalu ada orang yang mengatur kau harus bagaimana dan berpikir apa. Jika ada yang bicara dan berlagak seperti orang ahli,(kau tidak harus mengiyakannya langsung) kau bisa merespon, Kata siapa?…Kau harus mempunyai pikiran sendiri, menantang otoritas…untuk mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk, kau harus mencari tahunya sendiri. (Tapi bukan berarti kau harus mencobanya dan mengalami sendiri)"
[Perkataan Nick Naylor - Thank You For Smoking]

Yang sangat penting:
"Kau harus mempunyai pikiran sendiri, menantang otoritas…untuk mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk, kau harus mencari tahunya sendiri."

Komentar saya:
Ya, mungkin tepatnya tidak langsung menentang. Hanya saja perlu mencari tahu kebenarannya secara pribadi (tidak langsung mengiyakan dan juga tidak langsung menolak). Setelah mencari tahu dari beberapa sumber, lalu kita dapat menyimpulkan sendiri. Karena adab sebagai seorang muslim adalah memiliki sikap "tabayyun" atau meneliti kabar/ berita yang telah datang kepadanya, sebagaimana firman ALLAH:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ جَاءَكُمْ فَاسِقٌ بِنَبَإٍ فَتَبَيَّنُوا أَنْ تُصِيبُوا قَوْمًا بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوا عَلَىٰ مَا فَعَلْتُمْ نَادِمِينَ

Wahai orang- orang yang beriman, jika ada seorang faasiq datang kepada kalian dengan membawa suatu berita penting, maka tabayyunlah (telitilah dulu), agar jangan sampai kalian menimpakan suatu bahaya pada suatu kaum atas dasar kebodohan, kemudian akhirnya kalian menjadi menyesal atas perlakuan kalian.
[al-Hujurât/49:6]

Referensi:

Posting Komentar

0 Komentar