Header Kanan

Kumpulan Kekurangan BBM for Android dan iOS

Bismillah,
Ini mungkin adalah sebuah review ringkas yang saya rangkum dari beberapa blog/ situs yang sebelumnya telah memposting sebuah kekurangan atau kelemahan BBM untuk perangkat Android dan iOS. Juga dari apa yang saya ketahui dan alami dari beberapa orang dekat yang memakai BBM for Android. Yups, berikut adalah rangkuman-rangkuman tersebut:
  1. Boros memori. BBM memakan RAM sekitar 30 Mb atau bisa lebih (dari sebagian sumber akan bertambah dengan bertambahnya kontak di BBM). Sedangkan saat standby tanpa menampilkan icon di status bar adalah 18 Mb.
  2. Untuk perangkat dengan layar 3,5 inch atau dibawahnya dengan screen-keyboard, dipastikan akan bermasalah dengan kenyamanan tampilan. Ketika sedang chating atau mengupdate broadcast, hanya menyisakan tiga baris (ukuran font normal), sedangkan sisanya (3/4) telah diambil posisi keyboard. Idealnya BBM Android dipakai pada smartphone berukuran 4 inch ke atas, namun BBM memberikan warning bahwa untuk tablet aplikasi ini tidak bisa digunakan.
  3. Tidak adanya fitur pengaturan gambar PP (photo profile) pada Aplikasi BBM di Android & iOS tidak menyediakan fitur untuk membesar-mengecilkan foto secara keseluruhan, sehingga foto yang berbentuk memanjang (landscape maupun portrait) tidak bisa ditampilkan secara utuh. Ada bagian yang harus terpotong (crop).
  4. Tidak mendukung autotext
  5. Tidak ada fitur backup
  6. Tidak bisa mengkategorikan kontak
  7. Tidak tersedianya fitur untuk mengirim PIN (solusinya lewat sms/ copy-paste manual, QR code.)
  8. Suara notifikasi antara pesan pribadi (chat personal) dan grup tidak bisa dibedakan
  9. Semua chat tercampur jadi satu antara personal dan group, sehingga menjadikan penuh menu di chat tersebut
  10. Lambatnya pesan tersampaikan/ harus pending lama dan lumpuhnya servis
  11. Emoticon terlalu kecil
  12. Pin BBM bersifat sementara seperti BlackBerry/ tidak permanen, seperti ketika Anda berganti perangkat atau berganti ROM (untuk Android).
Sekian kumpulan beberapa kekurangan BBM for Android dan iOS. Bukan ada maksud apa hanya sebuah sharing agar kita mengetahuinya. Dan perlu diingat bahwa aplikasi ini (BBM) termasuk masih muda, tentu perlu update/ pembenahan dikedepannya. Juga, dibalik kekurangan pasti ada kelebihan. Untuk kelebihan Anda bisa membacanya di link referensi yang saya sertakan di akhir tulisan ini atau browsing untuk lebih banyak mengetahui kelebihannya :-).

Sekian, semoga bermanfaat.

Update:
Beberapa hari lalu BB telah update BBMnya untuk Android, beberapa masalah di atas telah terselesaikan, diantaranya:
+ Kontak grup
+ Share pin
+ dan lain-lain
Lengkapnya baca update di sini.


Referensi:
  1. [kompasiana] Kelemahan BBM Android
  2. [dinda-dimas] Kelebihan dan kekurangan BBM di Android dan iOS
  3. [gaptekbgt] Kekurangan BBM untuk Android dan iOS
  4. [forumbbm] Kekurangan BBM untuk Android
  5. [taugasih] Kekurangan BBM di Android dan iOS
  6. [agoey] KUPAS TUNTAS BBM FOR ANDROID BAGIAN TIGA : BBM vs Whatsapp Line Kakaotalk WeChat
  7. [rizalaziale] Kekurangan BBM di Android

Posting Komentar

0 Komentar