Header Kanan

Bisnis online, yang digemari manusia di masa depan

Bismillah,
masa depan bisnis online
Sumber gambar : arikus.web.id
dengan pengeditan seperlunya
E-Business atau yang kita kenal dengan bisnis online dari namanya kita dapat mengetahui bahwa yang dimaksud e-business atau bisnis online adalah bisnis yang dilakukan secara online atau via internet. Baik jual-beli, PTC (paid to click), PPC (Pay Per Click), investasi, tukar-menukar mata uang ataupun e-currency, dan masih banyak lagi bisnis online yang semakin bermacam-macam di masa ini, baik lokal maupun internasional. Namun di sini saya tidak akan membahas satu-persatu dari jenis-jenis bisnis online tersebut, karena kita membicarakan bisnis online dan masa depannya.

Setelah kita tahu apa itu e-business atau bisnis online, yuk kita kembali ke judul yang saya tulis. Mungkin setelah membaca judul posting saya kali ini akan ada pertanyaan dari sobat-sobat blogger ataupun pembaca yang 'tersandung' di blog ini, "Kenapa bisnis online bisa menjadi kegemaran manusia di masa depan?" atau pertanyaan-pertanyaan yang senada dengannya.

Baiklah, inilah beberapa alasan kenapa saya katakan bahwa bisnis online akan menjadi kegemaran manusia di masa depan:
  1. Kebutuhan manusia akan sesuatu yang instan begitu tinggi, dikarenakan mobilitas yang tinggi atau kesibukan dengan kerja atau bisnis lain yang tidak dapat ditinggalkan hanya untuk berbelanja ataupun berjualan.

    [Bagi Pembeli] Dikarenakan kesibukan atau mobilitas yang tinggi, maka tidak ada waktu untuk membeli di toko (secara offline), mengantri, menunggu dan aktifitas jual-beli offline yang memakan banyak waktu. Karena dengan transaksi online kita tidak perlu ke tempatnya, cukup mencari di toko online atau situs penyedia iklan (seperti tokobagus.com) lalu menghubungi penjual, bernegosiasi, lalu menemui kesepakatan, transfer uang pembayaran melalui ATM, e-banking, ataupun melalui sms-banking, kemudian konfirmasi pembayaran dan menunggu kedatangan barang.

    [Bagi Penjual] Sedangkan untuk penjual keuntungan membuka bisnis online adalah hemat tempat, karena tidak harus menata rapi agar bisa dilihat penjual seperti di toko-toko offline, karena barang bisa ditumpuk ataupun berserakan (sebisanya tetap rapi lah ya?), kecuali jika buka toko offline dan online. Dan keuntungan lain adalah kerja santai, tidak harus duduk diam menunggu pelanggan saat sepi. Ataupun berjalan kesana-kemari dan kebingungan saat ramai pelanggan (alhamdulillah kalau begitu). Karena dengan membuka toko online ataupun bisnis online yang lain kita dapat meninggalkannya dengan aktivitas lain semisal sambil buka toko offline, belajar, main game, ataupun pekerjaan freelance yang  lainnya.

  2. Teknologi yang memanjakan
    Kemajuan teknologi yang pesat (seperti adanya mesin ATM, e-banking, bahkan sms-banking, ataupun perangkat keras pendukung semisal ponsel pintar (smartphone), tablet, dan lain-lain.) memanjakan manusia, karena ia dapat menjadikan instan segalanya (khususnya bisnis online), maka dari itu dimanfaatkan semaksimal mungkin.

  3. Hemat tenaga, waktu dan biaya
    Yups, tentu bisnis online  menghemat bahkan tidak memakan banyak waktu (untuk sebagian bisnis online, semisal investasi). Karena hanya cukup beberapa klik dan duduk di depan komputer, laptop ataupun dengan handphone, smartphone atau perangkat lainnya yang terhubung dengan internet kita dapat melakukan bisnis online dengan cepat dan mudah. Tidak harus kesana-kemari yang memakan banyak biaya dan tenaga.

Ya, 3 alasan di atas adalah alasan utama yang menjadi penyebab bisnis online akan digemari manusia di masa depan. Bahkan mungkin saat ini sudah menjadi hal yang biasa untuk sebagian manusia di belahan bumi lain :-).

Perhatian! Posting ini bukanlah diambil dari pakar ataupun penelitian oleh ahlinya, hanya sebuah pendapat dari seorang anak mahasiswa Sistem Informasi. Untuk mengikuti kontes blog bertemakan e-business di kampus Universitas Nusantara PGRI Kediri.


Semoga apa yang saya tuliskan ini bermanfaat bagi saya dan juga pembaca secara umum. Jika ada kritik, saran atau tambahan silahkan tinggalkan komentar di bawah posting ini, karena saya menyadari bahwa dalam penulisan ini banyak kekurangan dikarenakan keterbatasan waktu dan ilmu yang saya miliki.

Posting Komentar

2 Komentar

Silahkan meninggalkan komentar.
Kritik & Saran. Terimakasih atas kehadiran dan juga ukiran jejak Anda.