Header Kanan

[kontroversi] Bekerja mengetik captcha

Bismillah,
Akhirnya saya memutuskan untuk berhenti dari megatypers[dot]com dan menekuni sisi lain bisnis online yang tidak diragukan (paling tidak untuk saya) guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sepeti di luar sana banyak yang ribut atau mendiskusikan tentang kerja mengetik captcha adalah membantu para spammer untuk nyepam [silahkan baca update pernyataan saya di bawah artikel ini]. Kenapa bisa begitu? setelah saya berjalan-jalan membaca beberapa blog, cara kerja dari bisnis ini (mengetik captcha) adalah para spammer meminta bantuan kepada pihak yang bisa membantunya (iyalah masak kepada pihak yang tidak bisa membantunya, ya maksud saya seperti megatypers dan lain-lain) kemudian pihak tersebut mempromosikan dengan sebutan "kerja online mengetik captcha" atau "data entry" namun untuk catatan, TIDAK semua situs-situs yang demikian membantu spammer.  Tapi sepertinya sulit untuk mencarinya, bahkan yang terang bagi saya (jual dan beli captcha, bukan yang tidak jelas atau meragukan bahkan dapat disebut sebagai pembantu spammer) dan merupakan yang pertama saya kenal dalam bisnis online semacam ini telah lenyap dari dunia maya, yaitu captchatrader. Entah kenapa captchatrader tidak memberitahu sebelumnya bahkan semua akun yang berhubungan dengannya (twitter) juga telah hilang. Mungkin mereka telah mengalami kerugian yang cukup fatal atau entah apa ceritanya, tapi jelas captchatrader tidak layaknya yang lain yang tertutup dalam hal apa mereka bekerja.

Awalnya saya mengira bekerja mengetik captcha itu murni (semua) layaknya captchatrader yang menjual captcha dan membuka lowongan untuk pengetik captcha. Namun ternyata semua perlu dilihat satu-persatu. Baru beberapa hari yang lalu, saya mendapatkan komentar dari pengunjung baru blog ini yang memberi tahu dan memberikan link tentang "bekerja mengetik captcha adalah membantu spammer", dan diiringi dengan do'a "semoga engkau kembali ke jalan yang lurus". Setelah itu langsung saya kunjungi link tersebut (saya lupa alamatnya tidak saya simpan dan posting tentang mengetik captcha telah saya hapus dari blog ini). Saya masih tidak percaya, saya browsing dengan bahasa Inggris (sepeti judul artikel yang diberikan sobat pemberi komentar pada salah satu posting saya) namun semua posting yang saya temukan akhirnya menuju artikel aslinya. Dan masih ragu, saya tidak tinggal diam, Mencari dengan bahasa indonesia "mengetik captcha membantu spammer" dan akhirnya menemukan beberapa blog yang membicarakannya.

Dan menurut saya hal itu cukup masuk akal, bahkan terlalu bisa menurut saya di perkembangan teknologi dan sumber daya manusia di zaman ini. Ada yang memproteksi spam dengan menciptakan captcha (karena robot tidak mungkin bisa membaca gambar/ tulisan dalam gambar) akhirnya tercipta ide baru untuk membayar orang-orang untuk menulis captcha guna melakukan spam. Tujuan spam tentu banyak dan bermacam-macam, ada yang dari untuk bisnis dan ada yang murni spam (untuk mengganggu orang lain).

Selain alasan tersebut di atas, daripada membantu spammer atau bekerja online pada sesuatu yang diragukan mending melakukan bisnis online yang sudah jelas kita ketahui cara kerjanya. Dan dari pengalaman di atas, kita dapat mengambil pelajaran "Sebelum melakukan sesuatu, silahkan diketahui tentang hal tersebut. Baru silahkan bermain di dalamnya". Dalam bahasa normalnya adalah "Ketahui dulu, baru melakukan". Dalam kasus lain juga, sebelum membeli suatu barang misalkan HP silahkan cari tahu tentang spesifikasi dan juga harganya baru membeli (agar tidak ada penyesalan di sebelumnya karena tidak sesuai dengan yang kita harapkan atau mungkin harganya jauh lebih mahal dari harga yang seharusnya). Maka dalam hal beragama, maka kaidahnya adalah "Berilmu dulu, sebelum berkata dan beramal".

Tulisan ini saya nyatakan kontroversi, karena ada pihak yang mengatakan bahwa bekerja mengetik captcha adalah membantu spammer sedangkan disisi lain tidak seperti itu. Sehingga saya berlepas diri dan pilihan ada di tangan sobat untuk melanjutkan atau berhenti mengetik captcha. 

Update: Info terbaru yang saya ketahui di beberapa situs ketik captcha adalah situs tersebut menyediakan paket jual-beli. Sehingga untuk permasalahan ini mungkin tidak semua perusahaan membantu spammer (jika ada). Sehingga insyaAllah mengetik captcha bekerja mengetik captcha boleh.

Baiklah,cukup ini update kali ini.
Yang lalu biar berlalu, dan mari kita menuju dan berusaha melakukan yang baik.

Posting Komentar

39 Komentar

  1. captcha hanya menghambat spammer saja ternyata

    BalasHapus
  2. info yang sangat bermamfaat
    thanks yah sobat

    BalasHapus
  3. obat impotensi alami : benar sob, ada pengaman dan ada pencari celah keamanan...
    hanya menghambat, bukan penghenti...

    muhammad anshari : yups, sama2 sobat

    BalasHapus
  4. ku kurang mengerti....heheh maklum la,,baru belajar. tpi ilmu baru buat ku.good joob

    BalasHapus
  5. thanks sob,,sngat membantu ane....
    #commentback

    BalasHapus
  6. mm,,, mcm tu rupanya (buat2 paham, padahal hampa, ckckck)
    anyway, something new to me. So, thanks lah...

    BalasHapus
  7. saya pernah ditawarin bekerja mengetik captcha, tapi saya gak pernah mau, karena saya udah tau sisi negatif'nya seperti apa. :)

    BalasHapus
  8. ternyata banyak ide2 brillian untuk menembus captcha, tapi yang kasian orang yang disuruh bekerja mengetik captcha, dengan kata lain memang membantu para spammers.. mantap sob udah dishare.. :)

    BalasHapus
  9. kan biasanya buat ngasih iklan saja
    kupikir tak masalah
    nice info Fikri

    BalasHapus
  10. @all: terimakasih atas kunjungan dan komentarnya

    Kumpulan Desain Grafis :
    Iya, selain itu dolarnya bener2 receh :D
    walau bisa dipecepat dengan memperbanyak referal...

    Dedaunan :
    iya, tapi kita tidak tahu iklan seperti apa dan bagaimana...
    atau kemungkinan lain yang lebih parah nanti spam yang aneh2
    jadi kita cari amannya saja, cari yang baik, yang lebih jelas :)

    BalasHapus
  11. spammer memang menyebalkan..

    tapi kalo untuk blog sih rasanya tidak apa2.. lumayan tambahan visitor gitu.. :D

    BalasHapus
  12. wah, Ane bahakan belum pernah nyoba.. hehe

    BalasHapus
  13. Ternayata sebelumnya ada yg seperti itu yah sob,,, sayang saya tidak dapat ulasan captchatrader dulu,, gak bisa berbagi pengalaman deh... sekses ajhalah sob dibisnis lain masih banyak...

    BalasHapus
  14. Wah..mank gto ea ??pdhl ane dah 9 bln ngetik captcha dan pndptan ane min $50 per mgunya..hehehehe

    BalasHapus
  15. Annga : kurang lebih demikian
    hoho... ternyata profesional dalam bidang ini...

    berhenti atau terus adalah pilihan.
    kalau saya lebih yakin & nyaman untuk berhenti

    BalasHapus
  16. wah makasih atas informasi ini gan..:)
    dulu ane juga ditawari seperti ini, ane hampir mau gabung kerja seperti itu.. tapi dipikir-pikir ane sependapat dengan agan..:)

    BalasHapus
  17. kayaknya ini adalah pekerjaan yang tak bermakna,selain membosankan juga bisa di bilang sedikit ada unsur kriminalnya hehehe

    BalasHapus
  18. Supercoolz : sama2 sobat... sip dah :-)
    Teknologi jalan raya : benar sob, membosankan dan memiliki "sedikit unsur kriminal" nice :-) thanks

    BalasHapus
  19. he he he... :-D
    spammer tidak sama dengan scammer lho Gan...
    spammer lebih menjurus ke pemasangan iklan (bisa apa saja) yang ditujukan langsung ke personal (bisa via email, comment blog, personal message, posting forum, dll)....
    kalau scammer tahu sendiri lah, tukang tipu-tipu...
    kalau ada waktu, silakan mampir Gan ke blog ane:
    Arjip dot wordpress dot com

    BalasHapus
  20. admin :
    iya saya tahu sob...
    jelas lah beda sangat...
    spammer itu mengirimkan pesan or apa yang sangat mengganggu... entah via hp, telpon, sms, email or yang lainnya...

    sedang scammer sudah jelas adalah penipu...
    dan di sini saya tidak membicarakan bahwa megatypers adalah scammer tapi membantu spammer :-)

    ?

    BalasHapus
  21. Hey there! I could have sworn I've been to this website

    before but after browsing through some of the post I realized it's new to me.
    Anyways, I'm definitely happy I found it and I'll be book-marking and checking back often!


    My web site; intim75.ru
    My web blog ... property in Spain Dolores

    BalasHapus
  22. I'm not sure exactly why but this website is loading extremely slow for

    me. Is anyone else having this issue or is it a problem on my end? I'll check back later on and

    see if the problem still exists.

    Feel free to visit my website ... http://janet-bell.blogspot.ru/2012/05/blog-post.html
    Also see my page > used octane elliptical

    BalasHapus
  23. info yang sangat berharga sobat . Terus terang nyariiiis saja aku mau terjun di kerja online mengetik captcha ini . Untung nemu blog ini secara tidak sengaja .. Alhamduillah Allah masih menjaga diri ku dari mencari rizki yang syubhat

    BalasHapus
  24. wah ana masih belum tahu tentang ini, dan bisa dikatakan masih belum terjun ke bisnis online, nanti ana mau tanya2

    BalasHapus
  25. buktinya mana brow kl captcha bantu spammer. yang saya baca malah membantu mengarsip data. yang mana yang benar.

    BalasHapus
  26. Keduanya benar bro, bisa untuk membantu spammer dan juga bisa untuk membantu mengarsipkan data (naskah2 kuno) dalam bentuk digital.

    Ibarat pisau, bisa digunakan untuk membuat masakan atau kerajinan tangan yang bermanfaat tapi bisa juga untuk menyakiti dan membunuh sesama.

    Buktinya membantu spammer? Tau sebabnya kenapa ada "prime time" untuk rate pengetikan captcha? Itu karena spammer juga mengikuti "prime time" dari targetnya.

    Kalau untuk keperluan yang legit seperti arsip data (seperti recaptchanya google) logikanya tidak perlu ada prime time, aliran captcha akan selalu ada dan konstan karena jumlah naskah yang perlu diarsip sangat banyak.

    BalasHapus
  27. Terima kasih infonya, untung belum terjun ke dunia caphcha karena sempat tertarik juga...

    my blog : 'Cipto Junaedy' belajar.nikmaturrahmah.asia

    BalasHapus
  28. Bingung mana yg bener,,krn semua trgantung pd niat msing2 jg. .

    BalasHapus
  29. dari semua komen diatas ga ada tuh komen yg negatif smuanya positif,,,logika aja bos ga smua manusia di dunia ini setuju sama masukan anda,,pasti ada aja yg berbeda prinsip..
    atau bisa juga sudah dihapus nih sama pelakunya,
    klo niat jualan ya jualan aja bos ga usah jatuhin situs yg emang membantu untuk orang yg blm kerja(pengangguran),,,

    BalasHapus
  30. Aku liat di web captcha2cash aliran captchanya selalu cepat, jd bingung web captcha2cash itu membantu spammer atau gk

    BalasHapus
  31. gue stuju bgt ama broo exsan..

    BalasHapus
  32. exsan:
    saya tidak menjelek2kan...
    hanya itu menurut saya, meski saya tahu tak semua ketik captcha gitu meski saya kira jarang yang "bukan membantu spammer"

    saya gak jual apa2an gan!

    BalasHapus
  33. tau dari mana klw yg "bukan membantu spammer" itu jarang , ada datanya ? atau hanya kira2? tau alurnya sistem kerja ngetik captcha kek gini ga? tau istilah decaptcher? , klw tau , tau semua TermOfService-nya mereka gak? kebanyakan mereka TOSnya itu ketat. ketat buat siapa, ya ketat buat client-nya si calon pembeli captchanya. Tau google kan? itu salah satu pengguna sistem ini, jenis captchanya namanya DECAPTCHA, itu yg buat arsip digital, tau gak ente capcha model DECAPTCHA itu kek apa bentuknya? asal ente tau aja jenis DECAPTCHA masih banyak bertebaran selama saya ngetik captcha, jd kesimpulannya ? klw menyimpulkan itu yg objektif sukur2 ada datanya, klw ga ada datanya, lebih baik yg objektif, objektif itu ga membela siapa2 , posisi ada ditengah, jd tdk menyalahkan salah satu dan merasa bisnis baru anda paling bersih dan paling benar. Saya nulis panjang lebar gini kebetulan saya sedikit tau alurnya jika mau mendirikan company captcha, jd tau mana yg kadang buat spammer, arsip, marketing iklan, dll. Itu pun saya ga berani menyimpulkan mana yg lebih banyak, saya objektif aja, la wong penggunaanya aja beragam bgt. ente pengrajin pisau ,banyak yg disalahgunakan diluar, ente mau disalahin? salah alamat.

    BalasHapus
  34. anonim : thanks penjelasannya.
    tapi posting ini tidak akan saya hapus, hanya saya beri keterangan di akhir tulisan.
    terimakasih

    BalasHapus
  35. mungkin ini bisa jd pertimbangan buat para typers captcha : http://www.alkhoirot.net/2012/07/haruskah-menikahi-wanita-yang-di-zinahi.html#2

    baca yg artikel ke-2 (yang bawah)..

    bila Mas Fikri atau teman2 yg lain punya jawaban yg lebih baik mohon saya diberitahu lewat email : satriyo.henri87@gmail.com

    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Update pendapat saya: InsyaAllah ketik captcha gpp, soalnya saya melihat sendiri di situs cpatcha ada paket beli captcha sehingga sebenarnya bukan untuk membantu spammer.

      Hapus
  36. Selama pihak perusahaan mengatakan itu bukan untuk spamming insyaallah halal

    BalasHapus

Silahkan meninggalkan komentar.
Kritik & Saran. Terimakasih atas kehadiran dan juga ukiran jejak Anda.