Header Kanan

Aplikasi Al-Quran untuk hp java

Bismillah,
 Teknologi semakin canggih, begitu pesatnya perkembangan teknologi tersebut tentu memiliki dampak negatif dan juga positif bagi penikmatnya. Hal itu tergantung kepada kita - sebagai pengguna teknologi - dapat memanfaatkannya di jalan yang positif atau di jalan yang negatif. Nah, untuk kali ini saya akan berbagi hasil perkembangan teknologi di bidang ponsel khususnya untuk handphone yang ber-platform java, yaitu al-quran saku (pocket quran). Bagaimana tidak mengherankan, bahwa al-quran yang begitu banyak hurufnya, berlembar-lembar kertas dapat dijadikan aplikasi dan dalam genggaman dengan ukuran yang minimal juga, subhanallah :).

Pada posting ini saya akan berbagi 2 aplikasi java quran dengan sedikit review setelah kemarin lusa menuliskan tentang Al-Quran digital (terjemah indonesia) untuk laptop atau pc berformat chm. Baiklah, berikut ini adalah dua aplikasi tersebut :

1. Pocket Quran

Nama aplikasi : Pocket Quran
Ukuran file : 312 KB

Dengan ukuran file yang terbilang 'cukup kecil', insyaALLAH semua hp dapat menginstall aplikasi ini. Memiliki tampilan yang simpel dengan warna latar putih , huruf hitam dan harokat hijau, tapi mungkin untuk sebagian sobat huruf arab yang demikian (lihat pada screenshot di samping) tidak sesuai atau sedikit sulit untuk dibaca.



2. Quran 
Nama aplikasi : Quran
Ukuran file : 321 KB

Ukuran file sedikit lebih besar dari Pocket Quran di atas (9 KB) dan insyaALLAH juga dapat diinstal untuk semua hp berplatform java. Memiliki tampilan simpel dengan background kuning-cokelat dengan huruf hitam dan harokat merah, mungkin ini lebih sesuai untuk sobat selain paduan warna yang pas juga huruf yang menurut saya (berdasarkan kebiasaan) lebih mudah dibaca daripada aplikasi yang pertama.



Kesimpulan :
Dari kedua aplikasi java di atas, masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan. Jadi? terserah sobat untuk memakai yang mana atau memakai keduanya karena jika sobat ingin download, saya telah menggabungkan keduanya dalam satu file berbentuk zip, silahkan klik download di bawah ini untuk mengunduh :

Download 2 aplikasi java al-quran
Ukuran file 615 KB

Di dalam file zip yang Anda download di atas, ada 3 file yaitu :
1. info.txt
2. PocketQuran.jar
3. Quran.jar

Untuk download aplikasi Quran terjemah + tafsir untuk hp Android silahkan klik di sini.

Sekian yang dapat saya tulis kali ini, semoga kita dapat memanfaatkan teknologi dengan kemajuan pesatnya untuk di jalan positif yaitu ketaatan kepada ALLAH subhanahu wa ta'ala, dan dapat menjauhi dari apa yang negatif bagi diri kita dan agama kita, aamiiin.

Posting Komentar

3 Komentar

  1. terma kasih sobat
    postingan ini sangat bermanfaat buat saya
    ijin download yah

    BalasHapus
  2. penyulu perikanan : sama2 sobat... silahkan donlod :)

    BalasHapus

Silahkan meninggalkan komentar.
Kritik & Saran. Terimakasih atas kehadiran dan juga ukiran jejak Anda.