Header Kanan

Cara memperbarui domain dot tk

Bismillah,

Dalam rangka menindak lanjuti posting saya yang berjudul Dot.tk tidak gratis selamanya (lagi), saya menuliskan "Cara memperbarui (memperpanjang) domain dot.tk" pada posting kali ini. Kenapa saya mengatakan domain dot.tk tidak gratis selamanya lagi? karena perlunya pembaruan paling lama adalah 12 bulan atau 1 tahun. Dan setelah masa yang ditentukan habis, maka Anda harus memperbarui domain tersebut jika Anda masih menginginkan domain tersebut berlanjut menjadi milik Anda (jika tidak, maka domain menjadi milik dot.tk). Dan berikut ini adalah ketentuan dan cara memperpanjang atau me-renew domain dot.tk yang telah habis masa berlakunya alias expired.

Cek status domain :
1. Login my.dot.tk
2. Masukkan alamat email dan password
3. Klik "Domain Panel"


*Untuk mengetahui tentang apakah itu "Ambassador" silahkan klik di sini.

Di halaman domain panel inilah seluruh domain dot.tk yang kita miliki ditampilkan. Di sana ada kolom nama domain, jenis, status, tanggal pendaftaran, tanggal kadaluarsa (habis masa berlakunya) dan menu-menu edit yang lain, sebagaimana yang terlihat pada gambar di bawah ini :


Pada daftar domain saya di atas telah ada yang kadaluarsa (coba-aja.tk) yang masanya habis pada tanggal 21 Januari 2012. Untuk memperbaruinya silahkan klik "Renew".

Memperbarui domain dot.tk
Setelah Anda klik "Renew" maka akan tampil jendela kecil yang memberikan pilihan berapa lama domain tersebut ingin Anda aktifkan lagi. Yaitu berikut ini screenshotnya :



Kalau saya langsung saja tidak usah tanggung-tanggung :-), yaitu 12 bulan. (Karena memang itu paling lama, jika saja ada tanpa batas saya akan memilih tanpa batas atau selamanya, hehe. Tetapi jika domain tersebut hanya khusus untuk sementara karena alasan tertentu, saya juga akan memilih berapa bulan saja lah).

Kemudian silahkan klik "Renew", maka akan ada pemberitahuan bahwa domain telah berhasil diperbarui, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini :



Kemudian silahkan Close untuk melihat daftar domain lagi dan menge-cek status domain yang telah kita perbarui masanya. Berikut ini adalah screenshotnya :



Selamat, Anda telah berhasil memperbaruinya.

Berbagi pengalaman
Sebenarnya saya tidak tahu bahwa domain saya telah habis masa berlakunya, namun ketika membuka email saya melihat ada pesan baru yang berjudul "Your domain cobain-aja.tk needs renewal" yang maksudnya kurang lebih adalah "Domain Anda cobain-aja.tk memerlukan pembaruan". Dan berikut ini adalah screenshotnya :



Dari email tersebut saya tahu bahwa :
  1. Domain saya daftarkan sejak 21 Oktober 2011
  2. Saya mendaftarkan domain tersebut (dulu) hanya untuk 3 bulan maka seharusnya telah habis sejak 21 Januari 2012
  3. Untuk menghormati saya, dot.tk telah memperpanjang hingga tanggal 6 Februari 2012
  4. Pendaftaran (pembaruan domain) paling akhir adalah sebelum jam 00.00 tanggal 7 Februari 2012 jika saya masih menginginkan domain tersebut
  5. Pembaruan adalah gratis (lagi)
  6. Pembaruan yang normal dapat dilakukan DUA MINGGU SEBELUM domain habis masa berlakunya

Untuk poin terakhir saya telah mencobanya, ketika saya mencoba untuk memperbarui domain yang masa berlakunya masih panjang ada peringatan "Pembaruan dapat dilakukan paling tidak 2 minggu sebelum habis masa berlakunya".

By the way alias ngomong-ngomong, setelah beberapa bulan yang lalu dot.tk mengganti tamppilan awalnya (halaman sebelum login), sekarang telah merubah tampilan dalamnya yaitu tampilan yang telah saya screenshot tadi, semuanya adalah tampilan baru dan entah sudah berapa hari atau minggu telah berganti tampilan. Lumayan keren dan cukup ringan (in my mind).

Selamat mencoba dan salam semangat blogging.

Posting Komentar

2 Komentar

  1. nice info Gan, kebetulan saya juga mau perpanjang dot tk saya... Makasih infonya Gan..

    BalasHapus
  2. Terimakasih bro, saya baru mau daftar domain tk tapi pengen tau bisa diperpanjang apa enggak, dan dapat info disini, cuma apakah masih berlaku untuk sekarang?

    Terimakasih
    Kunjungi juga CB ya.

    BalasHapus

Silahkan meninggalkan komentar.
Kritik & Saran. Terimakasih atas kehadiran dan juga ukiran jejak Anda.