Header Kanan

Kamus bahasa Inggris - Arab untuk hp java (Al-Morafiq)

Sudah lama tidak menulis tentang aplikasi & games untuk handphone java saya rasa, dan ternyata memang benar karena terakhir saya menulis pada kategori tersebut pada tanggal 2 Oktober 2011 yaitu tentang aplikasi chat Qeep. Dan sekarang saya rasa tiba waktunya untuk mereview sebuah aplikasi yang InsyaALLAH bermanfaat untuk sobat-sobat pengunjung, yaitu Al-Murofiq. Al-Morafiq adalah sebuah kamus bahasa Inggris - Arab untuk hp java. Aplikasi ini simpel dan mudah digunakan, berikut ini adalah tampilan awal (splash screen) dari aplikasi tersebut :

Splash screen Al-Morafiq

Aplikasi ini enteng karena memang didesain simpel, tidak berpenampilan "wah". Oke lanjut untuk cara pemakaian. Setelah Anda membuka aplikasi tersebut, maka akan muncul gambar seperti di atas yang disebut splash screen, silahkan klik "Start" maka kita akan ditujukan pada inti dari aplikasi tersebut yaitu menerjemahkan kata berbahasa Inggris ke dalam bahasa Arab. Berikut ini adalah tampilannya :


Langsung saja ketikkan sebuah huruf/ kata maka nanti langsung muncul di bawahnya kata-kata yang mengandung hufu/ kata tersebut misalkan saya mengetikkan kata "me" maka di bawahnya akan menampilkan kata yang berawalan dengan kata "me" dan di bawah kotak pencarian akan muncul berapakah kata yang dapat ditemukan. Mungkin Anda bingung ya? saya juga bingung menjelaskannya, tapi berikut ini adalah screen shot yang membuat kita tidak lagi bingung :


Pada gambar di atas saya menuliskan me, kemudian di bawahnya terdapat tulisan "Found Words : 58", jadi kata yang ditemukan adalah 58. Dan misalkan saya ke bawah terus dan menemukan kata "message" (seperti yang terlihat pada gambar di bawah) :

 

Kemudian ingin mengetahui bahasa arabnya "message", jadi tinggal saja klik tombol tengah pada hp Anda atau sering disebut Select. Atau juga bisa dengan menekan "Menu" kemudian klik "Select". Maka kan muncul hasil penerjemahan, yaitu sebagai berikut :


Demikianlah caranya menggunakan kamus Al-Murofiq ini. Cukup mudah bukan? (tapi kenapa penjelasannya panjang banget begini? karena yang menjelaskan tidak bisa). Dan berikut adalah menu-menu lain yang ada pada aplikasi ini yaitu :


  1. Configure Keypad : Pada menu tersebut berfungsi untuk memilih tipe/ jenis keypad HP yang sedang Anda gunakan, di sana ada berbagai macam keypad misalkan Qwerty.
  2. About : Seperti aplikasi yang lain (insyaALLAH) pada aplikasi ini ada menu "about" yang akan sedikit menjelaskan tentang aplikasi tersebut dan mungkin juga tentang pembuatnya.
  3. Exit : Menu untuk keluar dari aplikasi.
AlhamduLILLAH, demikian review singkat tentang aplikasi kamus Al-Morafiq ini. Semoga bermanfaat. Maaf saya tidak bisa menuliskan kekurangan dan kelebihan yang ada kecuali yang telah saya sebutkan di atas, Anda bisa menambahkannya dengan berkomentar atau mempelajarinya sendiri sambil belajar Bahasa Inggris & Bahasa Arab :-).

Lho, terus mana link downloadnya?
Maaf sampai kelupaan memberi link downloadnya.
Silahkan klik gambar di bawah ini untuk download :

Ukuran File :173 Kb

Posting Komentar

0 Komentar