Header Kanan

Belajar linux sabily - Meng-compile program c++ di linux ubuntu/ sabily

Bismillah,

Saat awal belajar memakai linux ubuntu, kemudian berpindah menjadi linux sabily. Saya ingin sekali memakai sistem operasi yang bebas ini. Bukan hanya memberikan gratis tetapi lebih ke arah bebas. Kita diberikan kebebasan untuk menggunakan, dan bebas mengutak-atik source-nya.

Setelah keinginan itu muncul, saya bingung apakah saya sudah siap untuk menghilangkan windows lama yang saya miliki. Jawabnya masih belum. Sambil saya belajar dan mencari-cari solusi kesulitan ketika memakai linux. Salah satunya adalah untuk membuat program c++.

Mulai dari browsing dan bertanya-tanya. Akhirnya dapat jawaban harus download g++ melalui terminal linux. Kemudian saya coba dan berhasil meng-compile. Namun sayang, tidak bisa dibuka. Saya berhenti sejenak. Kemudian saya coba untuk menginstall GNU DevC++ versi terakhir. Dan Alhamdulillah, hasilnya sangat memuaskan. DevC++ berjalan lancar dari penginstall-an sampai jadi program tersebut dengan perantara Wine Emulator yang terpasang di linux sabily Al-Quds milik saya.

Alhamdulillah, sekarang saya bisa belajar c++ kapanpun dengan mudah di Linux Sabily menggunakan DevC++.

Posting Komentar

0 Komentar