Header Kanan

Membuat ebook berformat PDF dengan mudah menggunakan PDFCreator

Tulisan ini saya persembahkan untuk pemilik Blog Haris Express. Semoga bermanfaat untuk saya, admin blog tersebut ;) dan kepada semuanya.
Kembali ke judul, membuat ebook yang berformat PDF dengan mudah menggunakan PDFCreator 0.9.7 (versi). Di sini saya mulai dari cara install sampai dengan cara penggunaannya hingga jadi PDF. Tapi sebelumnya ebook itu apa harus PDF? Tidak, ebook bermacam-macam formatnya. Tetapi yang mudah dan enak adalah PDF (menurut saya), karena dengan format PDF mudah dibuka oleh Sistem Operasi selain Windows, dan dengan jaminan formatnya tampak tetap karena memang terjaga begitu (layaknya buku yang sudah diprint). Pantaslah kebanyakan ebook adalah PDF. Tetapi Ebook juga bisa dalam format yang lain, seperti .doc, docx, .chm, ataupun yang lainnya yang saya tidak tahu.
Oke, pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunduh file PDFCreator 0.9.7.Setelah itu klik dua kali file installer tersebut. Untuk cara Installnya silahkan download filenya di sini (cara menginstal pdfcreator 0.9.7).
Untuk cara membuat file PDFnya tidak lama dan tidak sulit . Setelah Anda selesai Install. Yuk kita ke Microsoft Word. Kemudian menulis dan setelah itu mejadikannya file PDF. Berikut ini adalah contoh file yang akan kita jadikan berformat pdf.


File tersebut sudah jadi dan siap dijadikan file pdf (jadi format harus sudah tertata rapi dan tidak ada perubahan lagi, kalaupun ada kita pasti mengulanginya lagi). Setelah selesai, klik Ctrl+P atau klik Office Button kemudian Print dan pilih lagi Print (pada versi MS Word 2007).

Muncul jendela Print. Pada nama pilih nama yang tadi Anda tentukan saat menginstal. Kemudian tentukan ukuran kertas dengan cara klik properties. Maka muncul jendela baru. Pada tab Layout Anda bisa menentukan model halaman (tidur atau bangun halamannya) dan pada Paper/Quality Anda bisa menentukan berwarna atau tidak halaman yang akan Anda jadikan file PDF tersebut (layaknya nge-print).
 
Kemudian klik tombol Advanced untuk menentukan jenis kertas Anda (A4, Quarto/ Letter, F4 atau yang lainnya). Kita menggunakan yang kecil saja A4 atau Quarto. Kemudian Anda juga bisa menentukan berapa copy yang Anda butuhkan, dan kualitas print. Setelah selesai klik OK. Dan OK lagi. Maka kita kembali ke jendela Print.
 Setelah siap (pastikan ukuran kertas pada MS Word (page setup) sama dengan ukuran pada yang kita Setting pada PDFCreator biar menghasilkan hasil yang cocok. Kemudia klik OK.
 Pada jendela di atas kita dapat menentukan judul file, kemudian tanggal pembuatan dan modifnya, kemudian pemilik file tersebut, subjek juga dan keyword dari PDF file Anda. Setelah Anda edit itu semua, klik SAVE. Maka akan muncul jendela untuk menyempan file tersebut. Setelah itu klik SAVE jika sudah.
Mudah bukan? Selamat Anda sudah berhasil membuat file PDF, semoga bermanfaat.
ALHAMDULILLAH, posting ini sudah selesai ^^.

Posting Komentar

0 Komentar