Header Kanan

Membaca Text di HP java – Text Reader.jar

Akhir-akhir ini entah kenapa jadi agak malas membuka laptop, apa lagi membaca e-book yang panjang. Jadi laptop setengah nganggur, tetapi tidak lama cuma beberapa hari. Akhirnya teringat aplikasi java yang untuk membaca format .txt (text). Dulu pernah punya dan akhirnya langsung cari-cari di gudang data yang ada di laptop.
Bagaimana bisa menjadikan e-book yang berformat pdf dan doc kedalam format txt? Untuk doc pasti sobat sudah bisa menebaknya hanya dengan copy dan kemudian di-paste di notepad. Untuk yang pdf di convert ke format txt bagaimana caranya? Kita bisa menggunakan software Easy PDF to Text Converter, tetapi software ini memisahkan setiap halaman (1 halaman 1 file dan hasilnya pada folder yang sama).
Lanjut, jika sudah punya PDF converter langsung saja convert format PDF ke txt. Oh iya, jadi ini hanya tulisannya. Untuk yang ada gambar jadi kurang memuaskan. Tetapi bagiku tidak masalah, yang penting tulisannya. Seperti ketika kita ingin membaca cerpen/ novel/ ataupun berita/ kajian tentang agama dengan mudah di HP kapanpun dan dimanapun tanpa mengeluarkan laptop (untuk kita yang memiliki mobilitas tinggi), hehe tidak juga. Aku yang di rumah saja memakai ginian coz lagi malas membaca di laptop.


Dari tadi ngomong gak jelas, mana sih aplikasi javanya???

Ups, oke saya perkenalkan dahulu aplikasi java tersebut:
  1. Nah, ini aplikasi pembaca text di hp java yang pertama akan saya kenalkan. Aplikasi ini yang saya maksudkan bahasa China atau apalah... Tetapi cukup simpel, hanya warna putih pada menu awalnya dan di atas ada tulisan Sony Ericsson beserta logonya di kiri.
    PETUNJUK PEMAKAIAN:
    Jika Anda meng-klik sebelah kiri akan exit/ keluar. Ketika Anda meng-klik menu (sebelah kanan) maka akan ada 2 pilihan, yaitu Help dan 1 menu di atasnya. Pilih saja menu tersebut, kemudian cari tempat dimana file text yang akan dibaca. Setelah menemukan file yang ingin dibaca langsung klik dan akan muncul langsung apa yang ada di dalam file tersebut. Oh iya, aplikasi ini memiliki beberapa pilihan warna dasar dan tulisannya. Ada background putih dengan warna tulisan hitam, background hitam dengan tulisan kuning, background biru dengan tulisan putih, dan lainnya. Caranya tinggal klik aja select/ pilih di HP sobat. Untuk ke bawah satu baris tekan ke bawah, untuk ke bawah 1 layar tekan ke kanan dan begitu sebaliknya. Ingin tahu lebih lanjut? Silahkan mencoba, ini link downloadnya (121 Kb).
  2. Aplikasi ke dua lebih kecil dari yang pertama (hanya 58 Kb). Tetapi memiliki fasilitas yang lebih bagus, menarik dan simpel. Aplikasi mungil ini terlihat profesional karena memiliki menu yang lebih banyak. Seperti History (di situ terlihat file yang telah kita buka sebelumnya), kemudian ada Bookmark (di situ ada halaman yang telah kita simpan ketika kita belum selesai membacanya/ sengaja kita simpan), pada menu Setting kita akan menemukan sub menu Encoding, UI Language, Text Language, Color Scheme, Font Size, Redetect Softkeys, Scroll Mode.
  • Encoding yaitu sandi/ metode pengkodean yang digunakan
  • UI Language yaitu bahasa tampilan aplikasi
  • Text Language yaitu bahasa file text (biarkan English/ default)
  • Color Scheme yaitu warna tampilan/ tema. Ada banyak tema yang disediakan
  • Font Size yaitu ukuran huruf
  • Redetect Softkeys yaitu mendeteksi kembali tombol HP Anda
  • Scroll Mode yaitu model dari peng-scroll-an (penggeseran)
    Setelah itu ada menu About dan Exit.
    PETUNJUK PEMAKAIAN
    Oke, untuk membuka file text kita klik Browser, kemudian pilih tempatnya dan terakhir pilih file yang akan dibuka. Jika sudah terbuka maka akan tampil isi dari text tersebut. KEISTIMEWAAN dari aplikasi ini adalah bisa bergeser sendiri ke bawah (automatic scroll). Sangat memudahkan kita dalam membaca bukan? Untuk memulai bergeser otomatis klik select/ pilih di tombol HP, begitu pula untuk menghentikan. Jika waktu berjalan kecepatan kurang cepat, maka klik saja ke bawah, sebaliknya jika kecepatan terlalu cepat klik ke atas. Anda bisa melihat sudah berapa persen Anda membaca text tersebut di sebelah kanan bawah tepatnya di sebelah kiri jam. Ingin mencoba? Oke silahkan download di link ini (58 Kb).

ALHAMDULILLAH. Melihat dari fasilitas ada pada kedua aplikasi di atas, sudah tentu kita memilih yang ke dua, yaitu MText Reader. Tetapi tidak ada salahnya ketika kita ingin mencoba aplikasi yang pertama, Text Reader. Dua file java tersebut di atas masih dalam bentuk zip.
Oh iya, kadang kita browsing kesana kemari dan banyak sekali yang mungkin tidak terbaca, ini adalah salah satu solusinya. Kita akan lebih mudah membacanya dengan aplikasi ini dengan mengcopy tulisan yang ada di halaman yang kita kunjungi dan dipastekan di notepad. Semoga aplikasi ini bisa kita manfaatkan untuk kepentingan yang membawa kebaikan dan manfaat untuk kita. Sekian sobat, semoga bermanfaat. Terimakasih.

Posting Komentar

0 Komentar